RUU PPRT Jadi Usul Inisiatif DPR, Respons Positif Kalangan Perempuan
Terbaru

RUU PPRT Jadi Usul Inisiatif DPR, Respons Positif Kalangan Perempuan

Diharapkan tidak ada lagi kekerasan dan pelanggaran terhadap hak-hak PRT sebagai pekerja. Proses pembahasan RUU PPRT harus melibatkan berbagai elemen masyarakat sipil.

Oleh:
Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Situasi rapat paripurna di Gedung DPR, Selasa (21/3/2014). Foto:  Tangkapan layar youtube
Situasi rapat paripurna di Gedung DPR, Selasa (21/3/2014). Foto: Tangkapan layar youtube

Jalan berliku dan panjang mesti dilalui Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pelindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT). Setelah nyaris 19 tahun, nasib RUU PPRT terombang ambing tanpa kepastian, akhirnya DPR menetapkan rancangan aturan tersebut menjadi usul insiatif DPR. Nasib RUU PPRT beranjak maju dengan masuk tahap pembahasan tingkat pertama antara DPR dengan pemerintah nantinya.

Ketua DPR sekaligus pimpinan rapat paripurna Puan Maharani mengatakan 9 fraksi sudah menyerahkan pandangannya secara tertulis mengenai RUU PPRT. Seluruh fraksi partai memberikan pandangannya yang ujungnya persetujuan terhadap  nasib RUU PPRT menjadi usul insiatif DPR.

“Apakah RUU usul inisiatif Badan Legislasi DPR tentang PPRT dapat disetujui untuk disahkan menjadi RUU usul DPR?,” kata Puan dalam rapat yang digelar Selasa (21/03/2023) kemarin.

Baca juga:

Mayoritas anggota dewan kompak menyerukan persetujuan untuk mengesahkan RUU PPRT menjadi usul inisiatif DPR. Dalam kesempatan itu, anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) Netty Prasetiyani, mengatakan ini adalah peristiwa yang bersejarah karena selama 19 tahun RUU PPRT tak kunjung disetujui DPR. “PRT bukan sekedar ada, tapi punya peran strategis dan berdampak terhadap percepatan pembangunan nasional,” ujarnya.

Anggota Komisi IX DPR itu mengatakan, PRT berperan dalam pembangunan nasional. Antara lain membantu pemerintah mencegah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak atau stunting karena PRT membantu rumah tangga di Indonesia menyiapkan makanan yang bergizi. PRT juga berperan penting membantu pemerintah membangun SDM berkualitas dan berdaya saing.

Hadirnya RUU PPRT diharapkan ke depan tidak ada lagi kekerasan yang menimpa PRT dan penelantaran terhadap hak-hak PRT sebagai pekerja. “Dengan ditetapkannya RUU PPRT sebagai instrumen perlindungan kita menjadi negara maju dan berkeadaban. Telah menetapkan RUU PPRT sebagai usul inisiatif DPR RI,” urai Netty.

Tags:

Berita Terkait