Sejumlah Keunikan Prodi Hukum President University
Law School Stories

Sejumlah Keunikan Prodi Hukum President University

Seperti perkuliahan dengan pengantar dalam bahasa Inggris, mahasiswa dapat lulus dalam 3,5 tahun, dibentuknya lingkungan pergaulan internasional dengan adanya mahasiswa asing.

Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Sejumlah Keunikan Prodi Hukum President University
Hukumonline

Melalui pengesahan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Indonesia No. 91/D/T/2009, Program Studi (Prodi) Hukum Universitas Presiden resmi berdiri dan mulai menerima mahasiswa pada gelombang pertamanya di tahun 2010 silam. Prodi Hukum merupakan bagian dari Fakultas Humaniora President University.

Angkatan pertama Prodi Hukum President University saat itu memiliki mahasiswa dengan jumlah kurang dari 10 orang. Namun, angka mahasiswa terus berkembang seiring waktu, sampai dengan sekarang terdapat lebih dari 160 mahasiswa yang mendaftar untuk berkuliah per Agustus 2023. Setidaknya, terdapat 400 mahasiswa aktif di tahun 2023 lintas angkatan pada kelas pagi dan malam.

Pada 2020, Program Studi Hukum President University telah memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal ini tidak terlepas dari keunggulan yang dimiliki Universitas Presiden. Seperti penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan, termasuk adanya mahasiswa asing berbagai negara dengan presentase 10-20 persen dari jumlah keseluruhan mahasiswa.

Terdapat 3 konsentrasi di Prodi Hukum President University yakni Corporate Law, International Law, dan General Law. Akan tetapi konsentrasi General Law berubah menjadi Litigation Law melalui kurikulum terbaru Prodi Hukum. Belum lama ini, President University meresmikan Prodi S-2 Magister Hukum dan angkatan pertamanya akan memulai perkuliahan pada tahun ini.

Dalam sebuah kesempatan, Tim Hukumonline mendapat kesempatan berkunjung ke President University dan berjumpa dengan Kepala Program Studi S-1 Hukum President University Periode 2021-2024 Bayu Imantoro. Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) itu telah berkecimpung di dunia pendidikan tinggi hukum selama lebih dari 6 tahun dan sempat berpraktik di firma hukum.

Dalam wawancara eksklusif, Bayu menjelaskan bagaimana upaya Prodi Hukum University President dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi berikut hambatan/tantangan yang dihadapi, keunikan Prodi Hukum, seperti perkuliahan dengan pengantar dalam bahasa Inggris, mahasiswa dapat lulus dalam 3,5 tahun, dan dibentuknya lingkungan pergaulan internasional dengan adanya mahasiswa asing. Bahkan saat ini di Prodi S-1 Hukum President University memiliki mahasiswa asing dari Vietnam, Timor Leste, Myanmar, dan Tiongkok.

Selengkapnya, simak tautan video berikut ini!

Tags:

Berita Terkait