Advertorial

Sepak Terjang Hapendi Harahap di Mata Kolega

​​​​​​​Egaliter, sederhana, memiliki keilmuan dan pengalaman yang mumpuni, organisatoris, dan konsisten dengan apa yang diyakini benar. Menjadikan IPPAT sebagai rumah yang nyaman bagi seluruh anggotanya dalam menjalankan tugas dan jabatannya.

Oleh:
Tim Advertorial
Bacaan 2 Menit
Hapendi Harahap menujui IPPAT 1. Foto: Istimewa
Hapendi Harahap menujui IPPAT 1. Foto: Istimewa

Nama Hapendi Harahap menjadi sorotan di jagat dunia Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Sosok pria yang pendiam dan low profile, namun semangat dalam berdiskusi khususnya membahas hukum dan kenotariatan. Termasuk soal-soal keorganisasian PPAT. Pengalamannya yang melintang lintas profesi menjadi nilai lebih, hingga kerap dijadikan lawan diskusi para koleganya.

 

Jejak langkah Hapendi untuk maju dalam perhelatan bergengsi, pemilihan Ketua Umum Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) periode 2018-2021 Juli mendatang di Makassar mendapat dukungan positif dari koleganya. Konsisten dan komitmennya membangun organisasi IPPAT menjadi lebih baik, serta menjadikan rumah yang nyaman bagi anggotanya menjadi visi dari Hapendi.

 

“Tujuan dicalonkan atau mencalonkan sebagai ketua umum sesungguhnya adalah amanah organisasi. Jabatan adalah amanah,” ujarnya.

 

Rekam jejak Hapendi bernaung di organisasi profesi pun cukup mumpuni. Selain pernah mengemban tugas dalam struktur IPPAT, jabatan di Ikatan Notaris Indonesia (INI) pun pernah dia lakoni. Selama 20 tahun sudah profesi notaris dijalani. Beragam asam garam dalam menjalani praktik pelayanan akta bagi masyarakat menjadi kesehariannya.

 

Memiliki kapasitas, integritas, intelektualitas dan kepemimpinan yang kuat menjadi sekelumit pandangan para koleganya pada diri Hapendi, pria berusia 55 tahun itu. Berikut pandangan sejumlah kolega terhadap sosok Hapendi mulai keorganisasian, dan konsistensinya menjalani profesi notaris serta kelayakannya memimpin organisasi IPPAT  periode 2018-2021.

 

Dr. Pieter Latumeten, SH, MH (Notaris PPAT Depok dan Dosen FHUI Program MKn)

“Hapendi adalah  orang yang untuk dipilih sebagai pemimpin, karena ia tahu betul bagaimana usahanya selama ini melindungi  anggotanya. Saya sampai geleng-geleng kepala, Hapendi mau mendirikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) secara struktural di bawah IPPAT, dari Sabang sampai Merauke, di semua kota dan kabupaten. Kalau PPAT ada masalah, bukan hanya bantuan hukum, tetap LBH akan memberikan asistensi dan advokasi. Jika kita menemukan aturan tidak jelas, tidak usah pusing serahkan saja ke LBH. Jika ada pelayanan di kantor pertanahan atau perpajakan  yang tidak sesuai  dan ada aturan yang dilanggar, maka serahkan ke LBH. Hapendi mau membuat saya dan saudara nyaman dalam menjalankan tugas dan jabatan. Salam Spektakuler”.

 

Dr. H. Wira Franciska, SH, MH (Notaris Bandung)

“Hapendi Harahap adalah sosok ideal untuk memimpin IPPAT. Hapendi memiliki syarat sebagai seorang pemimpin. Punya integritas, kapasitas, intelektualitas dan leadership. Integritas Hapendi ditunjukkan atas sikap konsistensi dalam mempertahankan pendapat atau nilai yang diyakini kebenarannya. Hapendi bisa dipercaya karena apa yang menjadi ucapannya menjadi tindakannya. Kapasitas Hapendi cukup mumpuni. Sebab, pengalaman berkiprah di organisasi IPPAT, mulai Penda, Pengwil hingga pengurus pusat IPPAT sudah pernah diembannya”.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait