Siap-siap! Hukumonline Segera Umumkan Capital Market Lawyers Ranking 2022
Utama

Siap-siap! Hukumonline Segera Umumkan Capital Market Lawyers Ranking 2022

Survei ini merupakan kelima kalinya yang dilakukan Hukumonline setiap tahun.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 2 Menit
Siap-siap! Hukumonline Segera Umumkan Capital Market Lawyers Ranking 2022
Hukumonline

Sebagai bentuk apresiasi terhadap para kantor hukum dan lawyer yang berkontribusi positif pada pengembangan sektor pasar modal, Hukumonline menyelenggarakan survei pemeringkatan Capital Market Lawyers Ranking 2022. Survei ini merupakan kelima kalinya yang dilakukan Hukumonline setiap tahun.

Secara umum, terdapat enam kategori penghargaan yang akan diberikan kepada kantor dan konsultan hukum yang tercatat dalam prospektus. Penghargaan ini dihitung berdasarkan transaksi emisi atau jumlah nilai dan intensitasnya.

Research Manager Hukumonline, Katon Baskoro, menyampaikan kategori-kategori penghargaan tersebut menunjukan kinerja para kantor hukum beserta konsultannya pada transaksi penawaran umum perdana atau initial public offering, obligasi dan sukuk pada emiten di ranah domestik selama 2022.

“Terdapat dua jenis transaksi yang kita gunakan pemeringkatan capital market setiap tahunnya, yaitu obligasi dan transaksi IPO. Tahun ini kita spesifikan dua jenis transaksi tersebut yaitu transaksi dalam negeri atau domestik,” ungkap Katon, Sabtu (11/2).

Baca Juga:

Dia melanjutkan metode survei pemeringkatan ini berdasarkan pada data sekunder, dalam hal ini adalah prospektus yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia selama tahun 2022. Terdapat dua hal yang menjadi indikator perhitungan untuk menentukan nama pemenang di masing-masing kategori penghargaan, antara lain jumlah atau intensitas transaksi per advokat dan kantor hukum dan akumulasi emisi dari emiten yang ditangani oleh konsultan hukum dan advokat.

Selanjutnya, pada survei pemeringkatan Capital Market Lawyers Rangking 2022 terdapat 28 kantor hukum dan 34 konsultan hukum yang tercatat dalam prospektus IPO. Kemudian, terdapat 24 kantor hukum yang tertulis dalam prospektus obligasi dan sukuk di pasar modal dalam negeri.

Dari sisi transaksi, terdapat 59 IPO atau meningkat sebesar 20,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan pada obligasi terdapat 114 transaksi atau meningkat 18,75 persen dibanding 2021.

Katon menjelaskan terdapat berbagai tantangan dalam survei Capital Market Lawyers Rangking 2022. Salah satunya, dia menyampaikan akses sumber data menjadi tantangan tersendiri.

“Tidak semua sumber data dipublikasi di laman Bursa Efek Indonesia, terutama untuk transaksi obligasi, sehingga perlu mencari sumber data lain yang kredibel, seperti website emiten,” ungkap Katon.

Tags:

Berita Terkait