Siapa Saja yang Masuk Kategori Warga Negara Indonesia

Siapa Saja yang Masuk Kategori Warga Negara Indonesia

Kehilangan kewarganegaraan Republik Indonesia berdampak secara hukum pada status anak, hak kebendaan, hak mewaris, dan hak-hak lain yang diatur dalam konstitusi.
Siapa Saja yang Masuk Kategori Warga Negara Indonesia

Status kewarganegaraan seseorang di mata hukum sangatlah penting. Bukti kewarganegaraan menjadi dokumen yang menentukan legalitas perjalanan seseorang ke negara lain. Bahkan, kewarganegaraan menjadi syarat boleh tidaknya seseorang mendapatkan hak milik atas tanah. Simaklah ketentuan yang berlaku di Indonesia, bahwa warga negara asing (WNA) tidak bisa mendapatkan hak milik atas tanah. Jika seorang WNI kehilangan kewarganegaraan, bisa berakibat pada status anak, kepemilikan kebendaan, hak waris, dan hak-hak yang diatur dalam konstitusi.

Banyaknya perkawinan campuran antara WNI dengan WNA memunculkan banyak diskursus hukum. Apakah seorang suami WNA tidak berhak atas harta bersama berupa tanah jika terjadi perceraian dengan isterinya yang WNI? Putusan Mahkamah Agung No. 472 PK/Pdt/2011 tanggal 19 April 2012 bisa menjadi contoh menarik dalam konteks ini.

Pengadilan telah membenarkan perjanjian suami dan isteri depan notaris yang isinya antara lain menyebutkan suami berhak mendapatkan 50 persen tanah sengketa apabila ia tidak berhasil mendapatkan status WNI. Argumentasi sang isteri bahwa ketiga anak dari hasil perkawinan campuran itu sudah memilih menjadi WNI dan disahkan Menteri Hukum dan HAM lebih berhak atas tanah sengketa ditepis pengadilan.

Ilustrasi kasus tadi memperlihatkan pentingnya status kewarganegaraan bagi seseorang. Pasal 28D ayat (4) UUD 1945 menegaskan setiap orang berhak atas status kewarganegaraan. Dengan ketentuan ini maka seseorang yang lahir dan besar di Indonesia dapat memilih menjadi warga negara asing; atau sebaliknya warga negara asing dapat memilih menjadi WNI.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional