Terbaru

Simak, 3 Resolusi Tahun Baru Inspiratif bagi Mahasiswa Hukum!

Lewat resolusi tahun baru ini, ambil kesempatan untuk jadikan dirimu lebih baik dari tahun sebelumnya, dan makin siap jadi talenta terbaik!

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi: Hukumonline
Ilustrasi: Hukumonline

Sebagian orang biasanya menjadikan momentum tahun baru untuk membuat daftar resolusi tahun baru. Namun, merealisasikan daftar resolusi tahun baru, jelas tak semudah menuliskannya. Untuk dapat fokus menggapai goals pada 2022 ini, diperlukan tekad yang kuat, supaya tetap berpegang teguh dan konsisten terhadap resolusi tahun baru yang telah dibuat.

Seorang pelajar/mahasiswa, misalnya, pasti memiliki keinginan agar tahun ini ada peningkatan dan keseimbangan antara sisi akademis (IPK-Indeks Prestasi Kumulatif) dan non akademis. Besar harapan, agar lebih mudah pula menguasai materi kuliah.

Sayangnya, kebijakan pembelajaran online akibat situasi pandemi Covid-19 justru menjadi beban tersendiri bagi sebagian pelajar. Efek yang ditimbulkan, ada rasa jenuh akibat banyaknya tugas dan proses diskusi yang tak dapat berjalan maksimal tanpa adanya tatap muka. Selain itu, sumber referensi pendukung pun masih minim, sehingga materi kuliah kurang dapat dipahami dengan baik.

Begitu pun dengan mahasiswa hukum yang juga dipenuhi oleh berbagai kesibukan. Kadang kala, kesibukan ini membuat mereka kewalahan untuk membagi waktu antara belajar, berorganisasi, dan mengikuti kegiatan di luar kampus lainnya. Sebagai mahasiswa hukum, tentu tugas-tugas yang diemban tidak sedikit. Apalagi, mereka juga diharuskan untuk memahami berbagai literatur hukum, serta siap menghadapi kuis yang terkadang diadakan mendadak. Oleh karena itu, mereka dituntut untuk memiliki keuletan yang tinggi dalam belajar serta dapat berpikir analitis dan cepat saat harus memecahkan suatu kasus/masalah hukum.

Tidak hanya akademis, sebagai calon profesional hukum, mahasiswa hukum juga harus pintar membangun relasi. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti organisasi seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), atau mengikuti organisasi hukum seperti ALSA (Asian Law Students' Association). Jika pandai berelasi, tentu saja akan menemukan berbagai tawaran dan informasi, seperti karier, beasiswa, dan lain sebagainya.

Menghadapi tahun baru 2022 ini, sudahkah kamu mempersiapkan resolusi tahun baru? Jika belum, mungkin tiga ide resolusi tahun baru ini dapat menjadi inspirasi agar kamu makin semangat mencapai tujuan dan cita-cita.   

1. Mengikuti Lomba

Tak ada salahnya jika tahun ini, kamu mencoba untuk mengikuti beragam lomba yang diadakan di kampus atau di luar kampus. Kegiatan lomba yang dapat diikuti misalnya, lomba debat hukum untuk mengasah public speaking dan keberanian dalam menyampaikan pendapat atau Kompetisi Peradilan Semu (Moot Court Competition-MCC) untuk merasakan simulasi dari proses peradilan yang sebenarnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags: