Sopir Bus Senang Ditilang
Aktual

Sopir Bus Senang Ditilang

Oleh:
ant
Bacaan 2 Menit
Sopir Bus Senang Ditilang
Hukumonline

Sebagian sopir bus berbagai jurusan yang mangkal di Terminal Arjosari, Kota Malang, mengaku lebih senang ditilang. Karena hanya dengan itu, pemilik bus akan segera mengganti sejumlah komponen kendaraan yang tidak layak lagi.


"Kami sudah seringkali melapor, namun tidak pernah ditanggapi. Kalau ditilang begini kan menjadi perhatian dan segera diganti," tegas salah seorang sopir bus jurusan Malang-Surabaya, Agus disela-sela razia kelayakan kendaraan di Malang, Kamis (9/8).


Surat tilang, lanjutnya, menjadi bukti bagi pemilik bus segera mengganti komponen kendaraan yang dinilai tidak laik karena membahayakan keselamatan penumpang.


Kabid Pengendalian dan Ketertiban Dishub Kota Malang Fahmi Fauzan mengatakan, razia kelaikan kendaraan tersebut semata-mata demi kepentingan dan kenyamanan penumpang, sehingga angka kecelakaan bisa diminimalkan. Dia lanjutkan, banyak ditemukan bus yang tidak laik jalan karena kondisi ban kendaraan sudah rusak, sehingga membahayakan keamanan penumpang.


Beberapa komponen kendaraan yang wajib dipenuhi dan dalam kondisi layak. Seperti ban, alat pemecah kaca, lampu kendaraan masih sempurna, serta tersedianya tabung pemadam kebakaran. Selain komponen fisik kendaraan, petugas juga memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan maupun SIM sopir. “Ini kami lakukan agar para penumpang merasa nyaman dan aman selama dalam perjalanan," tandasnya.

Tags: