Sri Dewi Novani : Menjadi Perempuan Berdaya Dengan Menebar Dukungan dan Manfaat
Terbaru

Sri Dewi Novani : Menjadi Perempuan Berdaya Dengan Menebar Dukungan dan Manfaat

Mendukung sesama perempuan untuk menggapai mimpi masing-masing adalah salah satu bentuk support pemberdayaan perempuan.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Sri Dewi Novani : Menjadi Perempuan Berdaya Dengan Menebar Dukungan dan Manfaat
Sri Dewi Novani : Menjadi Perempuan Berdaya Dengan Menebar Dukungan dan Manfaat

Peranan perempuan di ranah publik tidak dapat diremehkan. Faktanya banyak perempuan yang telah menunjukkan kemampuan mereka sebagai pemimpin di tempat kerja salah satunya Sri Dewi Novani,  Legal General Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Di bawah kepemimpinannya PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk berhasil mendapatkan 2 (dua) nominasi dalam acara dalam acara Indonesia’s In-House Counsel Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Hukumonline, 2 Desember 2022 lalu yaitu untuk kategori team Indonesia's Most Innovative In-House Counsel Team dan kategori individu The Most Respected In-House Counsel di sektor Retail. 

Sri Dewi Novani berhasil memenangkan penghargaan kategori individu yaitu The Most Respected In-House Counsel di sektor Retail yang merupakan pencapaian yang luar biasa dan mencerminkan kerja keras dan dedikasi Sri Dewi Novani secara individu maupun dalam me-manage tim. Sri Dewi Novani, membagikan ceritanya dalam mengembangkan dan mendukung kemampuan timnya dengan berbagai cara, “Memberikan kesempatan yang sama kepada mereka untuk mendapatkan training pengembangan diri, melakukan penilaian kinerja yang berimbang terhadap semua tim, serta memberikan kesempatan untuk memiliki jenjang karir.” Menjadi perempuan berdaya tidak hanya memberikan manfaat bagi mereka sendiri, tetapi juga bagi orang lain di sekitarnya.

Ia menambahkan, “Memberikan tanggung jawab dan kepercayaan lebih kepada mereka, kemudian memberikan mentoring dan coaching one on one untuk membangkitkan potensi dalam diri mereka dan memberikan kesempatan untuk mereka mengambil keputusan.” Mendukung sesama perempuan untuk menggapai mimpi masing-masing adalah salah satu bentuk support pemberdayaan perempuan.

Rp39Ymk5hraN3JMB-9lmQFB9LDXIAWnQjIRhkb6p

Sri Dewi Novani membagikan perspektifnya menjadi perempuan berdaya, “Perempuan berdaya adalah perempuan yang dapat memberikan banyak manfaat untuk orang banyak dan keluarganya serta dapat menularkan hal-hal atau energi positif bagi orang-orang disekitarnya.” Lebih lanjut ia membagikan bahwa banyak cara menjadi perempuan berdaya, “Dengan bersosialisasi dengan banyak orang dari beragam latar belakang, memiliki karier sendiri sehingga punya penghasilan sendiri, menjadi ibu yang tangguh dan mandiri sehingga bisa menjadi role model untuk anak-anak kita maupun orang disekitar kita.” Terus mengikuti perubahan dan belajar adalah salah satu cara menjadi perempuan berdaya, Sri Dewi menceritakan bahwa dengan menyempatkan membaca buku serta mengikuti perkembangan dan informasi yang terjadi baik di vertical hukum maupun industri lainnya adalah salah satu upayanya, termasuk banyak berdiskusi baik dengan praktisi-praktisi di bidang hukum dan bidang lain.

Memiliki support system yang kuat sangat penting untuk membantu perempuan mengembangkan diri dan mencapai potensi maksimal. Sistem dukungan ini dapat berupa dukungan dari keluarga, teman, atau rekan kerja yang selalu mendukung dan memberikan dorongan positif bagi perempuan. “Saya pribadi sangat bersyukur karena memiliki support system terbaik, baik dari orangtua, suami maupun anak-anak saya.” imbuh Sri Dewi Novani.

Menjadi ibu bekerja adalah pilihan yang bisa dipilih oleh semua perempuan tentu dengan tantangan dan tanggungjawab masing-masing. “Menjadi Ibu sekaligus berkarir tentunya memiliki tantangan yang luar biasa. Namun hal ini juga tergantung dari support orang terdekatnya atau pasangannya, kalau tidak mendapatkan support ujung-ujungnya banyak Ibu yang terpaksa atau dipaksa untuk memilih.” Pentingnya support system untuk membebaskan Ibu memilih untuk bekerja atau tidak sangat penting, “Kalau sudah di support maka selanjutnya juga tergantung dari kemauan dirinya sendiri ya, karena tentu masing-masing Ibu punya keinginan yang berbeda untuk dirinya.”

Lebih lanjut ia menambahkan, “Namun jika dari diri kita yakin dan memiliki kemauan untuk berkarir serta mendapat dukungan terbaik dari keluarga, tentunya menjadi ibu tidak akan menghalangi kesempatan wanita untuk berkarir.”

Halaman Selanjutnya:
Tags: