Strategi MA untuk Tingkatkan Kepercayaan Publik Hingga Rakernas KAI 2022
Terbaru

Strategi MA untuk Tingkatkan Kepercayaan Publik Hingga Rakernas KAI 2022

Pengendara perlu mengetahui perbedaan surat tilang berwarna merah dan biru, Kepolisian Indonesia resmi melayangkan yellow notice kepada Interpol Swiss terkait hilangnya anak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan KPK menyatakan akan mengajukan kasasi atas putusan banding RJ Lino.

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 3 Menit
Gedung Mahkamah Agung (MA). Foto: RES
Gedung Mahkamah Agung (MA). Foto: RES

Dari tahun ke tahun, tak henti-hentinya Hukumonline dengan terus setia memberikan ragam informasi hukum berkualitas setiap harinya kepada masyarakat luas. Tentu, tiap artikel yang disajikan khususnya dalam bentuk pemberitaan bertujuan agar masyarakat lebih melek hukum.

Beragam isu disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Kali ini, Redaksi Hukumonline merangkum 5 artikel pilihan yang tayang pada Senin (30/5). Yuk, kita simak artikelnya bersama-sama!

1. 6 Strategi Mahkamah Agung Tingkatkan Kepercayaan Publik

Transparency International Indonesia (TII) bekerja sama dengan Hukumonline dengan didukung oleh Pemerintah Australia melalui program Australia Partnership for Justice 2 (AIPJ2) dan European Union baru saja menyelenggarakan diskusi hari pertama forum Sarasehan Internasional Pembaru Peradilan bertajuk “Meningkatkan Kepercayaan Publik melalui Penguatan Integritas Pengadilan”, Senin (30/5). Dalam kegiatan ini, Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Sugiyanto menyampaikan 6 strategi Mahkamah Agung RI dalam upaya meningkatkan kepercayaan publik.

2. Cara Kerja Yellow Notice yang Dikirimkan Polri ke Interpol Swiss

Yellow Notice resmi dilayangkan Kepolisian Indonesia kepada Interpol Swiss terkait hilangnya anak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Sungai Aaree, Swiss pada 26 Juni 2022 yang lalu. Hingga saat ini pencarian masih terus dilakukan karena belum menemukan titik terang. Yellow notice adalah permohonan kepada lembaga kepolisian di seluruh dunia. Yellow notice biasanya diterbitkan polisi terkait dengan adanya orang hilang yang utamanya diculik, berpergian, atau berada di luar negeri.

Baca Juga:

3. Perbedaan Surat Tilang Merah dan Biru

Pengendara motor dan mobil yang melanggar lalu lintas akan diberi surat tilang dan Polisi yang menindak akan menyita STNK atau SIM sebagai bukti penilangan. Pengendara yang melanggar juga akan diberikan surat tilang yang berisi catatan pelanggaran. Surat tilang yang berlaku saat pada proses penilangan ada dua jenis yang dibedakan atas dua warna, yaitu merah dan biru. Perbedaan kedua surat tilang ini dikelompokkan dari perkara tilang yang diberikan.

4. KPK Ajukan Kasasi atas Putusan Banding RJ Lino

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan ajukan upaya hukum kasasi ke Mahakmah Agung atas putusan banding mantan Direktur Utama PT Pelindo II Richard Joost Lino atau RJ Lino. Dalam putusan banding dinyatakan bahwa RJ Lino tetap dijatuhi hukuman pidana 4 tahun penjara oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta sesuai dengan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). KPK menilai Majelis Hakim tidak menerapkan peraturan hukum sebagaimana mestinya terkait tidak dijatuhkannya hukuman pidana uang pengganti sekitar sebesar USD1,99 juta kepada perusahaan HDHM China.

5. Begini 9 Rekomendasi Eksternal Rakernas KAI 2022

Setelah menggelar Rapat Kerja Nasional Kongres Advokat Indonesia (Rakernas KAI) secara penuh menghasilkan sejumlah rekomendasi di bidang eksternal. Setidaknya ada sembilan poin penting yang menjadi rekomendasi agar diperhatikan bagi seluruh anggota KAI. Mulai keharusan penyelenggara negara kembali pada prinsip negara hukum dan substantif dan komprehensif, mengubah UU Advokat, hingga mengatur kewenangan advokat dalam draf RKUHAP.

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel hari ini dapat memberikan informasi tambahan bagi Anda. Simak beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait