5 Teori Kedaulatan: Tuhan, Raja, Rakyat, Negara, dan Hukum
Terbaru

5 Teori Kedaulatan: Tuhan, Raja, Rakyat, Negara, dan Hukum

Teori kedaulatan ada 5, yakni teori kedaulatan Tuhan, kedaulatan raja, kedaulatan negara, kedaulatan rakyat, dan kedaulatan hukum.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Ilustrasi teori kedaulatan. Foto: pexels.com
Ilustrasi teori kedaulatan. Foto: pexels.com

Bicara soal kedaulatan tidak dapat dipisahkan dari teori kedaulatan menurut Jean Bodin. Diartikan Jean Bodin, teori kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi yang dihadapkan pada rakyat dan negara tanpa adanya pembatas dari hukum.

Adapun sifat dari kedaulatan menurut Jean Bodin (dalam Leao, 2012: 20) adalah sebagai berikut.

  1. Tunggal: dalam negara tidak ada kekuasaan lainnya.
  2. Asli: kekuasaan tidak berasal dari kekuasaan lain.
  3. Abadi: negara kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi.
  4. Bulat: kedaulatan negara tidak dapat diserahkan kepada perseorangan atau lembaga lainnya; tidak dapat dipecah.

Berdasarkan teori kedaulatan Jean Bodin, ada dua jenis kedaulatan, yakni kedaulatan ke dalam (intern) dan kedaulatan ke luar (eksten).

Baca juga:

Kedaulatan ke dalam adalah kekuasaan tertinggi di dalam negara untuk mengatur fungsinya. Dalam kedaulatan ini, pemerintah berhak untuk mengatur segala kepentingan rakyat melalui lembaga negara dan perangkat lain tanpa campur tangan negara lain.

Kedaulatan ke dalam merupakan kedaulatan suatu negara untuk mengatur organisasinya (negara) sesuai dengan hukum atau peraturan yang berlaku di negara tersebut dan rakyat harus tunduk dan patuh dengan aturan yang ditetapkan.

Kedaulatan ke luar adalah kekuasaan tertinggi suatu negara untuk mengadakan hubungan dengan negara lain serta mempertahankan wilayahnya dari ancaman yang berasal dari luar.

Tags:

Berita Terkait