Tips Agar Tembus Jurnal Terindeks Internasional Scopus
Terbaru

Tips Agar Tembus Jurnal Terindeks Internasional Scopus

Jurnal terindeks internasional bisa digunakan sebagai salah satu syarat mendapat gelar tertentu di bidang ilmu tertentu sehingga jurnal yang terindeks internasional menjadi persyaratan mendasar yang penting.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Dekan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (FH UNS), I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani. Foto: RES
Dekan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (FH UNS), I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani. Foto: RES

Jurnal terindeks internasional saat ini menjadi tolok ukur pengakuan standar kualitas ilmiah dari media publikasi di Perguruan Tinggi, termasuk menjadi ukuran seberapa terpercayanya hasil riset yang diterbitkan untuk dimanfaatkan.

Publikasi ilmiah penting bagi civitas akademika baik tingkat sarjana, magister, doktor, dosen hingga staf ahli baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Tujuan publikasi ilmiah di antaranya berupaya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan daya saing nasional.

Ada banyak tolok ukur reputasi jurnal internasional, namun ada beberapa ukuran umum yang diacu Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Salah satunya adalah jurnal internasional yang sudah terindeks scopus.

Baca Juga:

Ada syarat yang ketat untuk suatu jurnal masuk dalam indeks Scopus. Scopus sendiri merupakan salah satu pusat data literatur ilmiah yang dimiliki oleh penerbit jurnal terkemuka dunia yang berpusat di Belanda. Pusat data seperti scopus membuat indeks laporan hasil riset ilmiah yang pernah diteliti sebagai tim riset di seluruh dunia. 

Jurnal terindeks internasional beragam manfaatnya bagi mahasiswa maupun dosen. Jurnal terindeks internasional bisa digunakan sebagai salah satu syarat mendapat gelar tertentu di bidang ilmu tertentu sehingga jurnal yang terindeks internasional menjadi persyaratan mendasar yang penting.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (FH UNS), I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, memberi tips agar jurnal milik mahasiswa dan dosen bisa tembus jurnal terindeks internasional.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait