Tips Lanjut Studi LLM bagi Lulusan Ilmu Hukum
Utama

Tips Lanjut Studi LLM bagi Lulusan Ilmu Hukum

Salah satu hal yang memudahkan saat proses studi LLM adalah adanya pengalaman bekerja, sehingga perlu memikirkan untuk memiliki pengalaman bekerja sebelum akhirnya menjalankan pendidikan pascasarjana.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Talkshow Days of Law Career Fakultas Hukum Universitas Indonesia 2023 (DOLC FH UI 2023), Kamis (2/3). Foto: WIL
Talkshow Days of Law Career Fakultas Hukum Universitas Indonesia 2023 (DOLC FH UI 2023), Kamis (2/3). Foto: WIL

LLM atau Magister Hukum adalah gelar yang diberikan kepada mereka yang sudah memegang gelar hukum profesional serta telah menyelesaikan pendidikan dan penelitian lanjutan di bidang hukum tertentu.

Program LLM biasanya dipilih untuk mendapatkan keahlian di sektor tertentu, untuk kemajuan karier, dan untuk membangun jejaring profesional. Program LLM pada umumnya membutuhkan waktu studi 10 bulan hingga 1 tahun lamanya.

Eddie Prabowo Dewanda selaku Hadiputranto Hadinoto and Partners (HHP) Law Firm mengungkapkan, pengalaman kerja adalah salah satu hal penting dalam memudahkan studi LLM atau melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya.

Baca Juga:

“Pengalaman kerja sangat penting sebelum akhirnya menjalankan pendidikan pascasarjana. Ada banyak hal yang saya lewati dari proses praktikal saat berkuliah LLM, jadi untuk yang akan melanjutkan LLM ada baiknya bekerja dulu agar hasil pembelajaran di LLM bisa maksimal dan berpartisipasi di dalam kelas,” jelasnya dalam talkshow Days of Law Career Fakultas Hukum Universitas Indonesia 2023 (DOLC FH UI 2023), Kamis (2/3).

Eddie melanjutkan, pengalaman bekerja yang didapat sebelum melanjutkan studi LLM bertujuan agar dalam proses pembelajaran di kelas akan seimbang antara teori dan praktiknya. Program LLM akan lebih optimal hasilnya dengan adanya pengalaman bekerja sebelumnya.

“Idealnya, setidaknya sudah ada pengalaman bekerja 4-5 tahun. LLM itu berbeda dengan S1 yang lebih banyak mendengarkan. Di LLM kita dituntut untuk memberi umpan balik dengan profesor saat di kelas,” imbuh Eddie.

Perlu persiapan matang untuk pada akhirnya memilih melanjutkan studi LLM, Eddie membagikan setidaknya dua tips agar lulusan sarjana hukum yang ingin melanjutkan studi LLM dapat mempersiapkan diri sedini mungkin.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait