Tips Mudah Lulus Ujian Profesi Advokat
Terbaru

Tips Mudah Lulus Ujian Profesi Advokat

Dalam menghadapi ujian profesi advokat tidak hanya kesiapan materi hukum yang diperlukan, namun juga hal-hal pendukung lainnya.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Tips Mudah Lulus Ujian Profesi Advokat
Hukumonline

Ujian profesi advokat merupakan syarat wajib yang harus dilewati oleh calon advokat untuk menjadi seorang advokat. Sebelum mengikuti ujian profesi advokat, seorang calon advokat harus mendaftarkan diri dalam Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

Baik PKPA maupun ujian profesi advokat diselenggarakan oleh organisasi advokat dan bekerjasama dengan perguruan tinggi tertentu di setiap daerah. Informasi mengenai jadwal ujian profesi advokat dapat diakses di laman resmi Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).

Kewajiban PKPA bagi calon advokat tercantum dalam Pasal 2 ayat (1) UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat, yaitu yang dapat diangkat sebagai advokat adalah sarjana yang berlatar pendidikan tinggi hukum dan setelah mengikuti pendidikan khusus profesi advokat yang dilaksanakan oleh organisasi advokat.

Baca Juga:

Materi yang diujikan

Sebelum melaksanakan ujian profesi advokat, calon advokat sebaiknya mengetahui apa saja materi ujian yang akan diujikan dalam ujian profesi advokat. Materi ujian yang harus dipersiapkan, dipelajari, dan dipahami sebelum menempuh ujian profesi advokat, di antaranya:

1. Sesi pertama, calon advokat diberikan soal pilihan ganda yang terdiri dari 120 soal untuk dikerjakan dalam waktu 120 menit. Adapun soal pilihan ganda yang diujikan meliputi:

a. Peran dan Fungsi Organisasi Advokat

b. Kode Etik Advokat Indonesia

c. Hukum Acara Perdata

d. Hukum Acara Pidana

e. Hukum Acara Peradilan Agama

f.  Hukum Acara Peradilan Hubungan Internasional

g. Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara

2. Sesi kedua, calon advokat akan mengerjakan soal esai berdasarkan narasi khusus mengenai Hukum Acara Perdata yang harus dikerjakan dalam waktu 90 menit, yang meliputi:

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait