Hukumonline In-House Counsel Choice 2021

TR & Co.: Menjadi Leading Boutique Law Firm yang Sangat Diperhitungkan di Indonesia

TR&Co. senantiasa konsisten menjaga dan meningkatkan kualitas layanan hukum dengan prinsip ‘to provide clients with the highest professionalism standard’ dan ‘understand the client’s needs’.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Partners, Thamrin & Rekan (TR & Co). Foto: Istimewa.
Partners, Thamrin & Rekan (TR & Co). Foto: Istimewa.

Thamrin & Rekan Law Firm (TR&Co.) bukan pendatang baru di industri hukum. Meski nama ini baru muncul pada sekitar 2020; sebetulnya cikal bakal firma sudah dimulai pada tahun 1997—dengan nama asal: Thamrin & Rachman Law Firm. TR&Co. merupakan sedikit dari leading boutique law firm yang berhasil mempertahankan eksistensinya di industri jasa hukum Indonesia.  

 

25 tahun perjalanannya, TR & Co. berhasil menciptakan clients base yang setia menggunakan layanan hukumnya. Klien-kliennya loyal, di mana hubungan baik ini bahkan telah terbina selama lebih dari 15 tahun. Sejak berdiri, TR & Co. membangun reputasinya dengan menyediakan layanan hukum profesional berkualitas tinggi. Adapun para TR & Co., cukup beragam, mulai dari pemerintah Republik Indonesia; pemerintah negara asing (misalnya, Amerika Serikat); Badan Usaha Milik Negara (BUMN); hingga perusahaan swasta berskala nasional dan internasional. 

 

TR & Co. dipimpin oleh Founding Partner, M. Husni Thamrin. Dalam membangun firma hukumnya, ia dibantu para partners, Iswira Laksana dan Hasan Sovyar untuk divisi Capital Market; dan Faizal untuk divisi General Corporate. Bersama-sama, mereka konsisten menjaga dan meningkatkan kualitas layanan hukum TR & Co. dengan teguh memegang prinsip ‘to provide clients with the highest professionalism standard’ dan ‘understand the client’s needs’. Hasil implementasinya, TR & Co. selalu dipercaya untuk menangani berbagai transaksi dan proyek yang dijalankan para klien. 

 

“Ketika menangani penugasan terkait suatu transaksi, TR & Co. selalu diminta untuk mendampingi dan terlibat secara menyeluruh. Ini meliputi tahap persiapan proyek; kajian hukum terhadap skema proyek; penyiapan dan negosiasi-negosiasi perjanjian sehubungan dengan proyek terkait (seperti joint venture agreement, supply agreement, offtake agreement, dan facility agreement); hingga tahap pelaksanaan proyek tersebut,” kata Founding Partner, M. Husni Thamrin.

 

Di mata Thamrin, kepercayaan yang diberikan klien kepada TR & Co. ini dapat terbangun karena standar pendekatan hukum komprehensif, proaktif, dan inovatif untuk setiap kebutuhan bisnis klien yang unik. Jadi, kepentingan-kepentingan hukum klien selalu dapat terlindungi dan mitigasi risiko atas proyek maupun transaksi dapat diterapkan. TR & Co., sendiri selalu diminta untuk memberikan kajian dan pendapat hukumnya atas permasalahan atau issues yang timbul dalam pelaksanaan proyek. 

 

Beberapa contoh proyek besar yang telah ditangani oleh TR & Co., di antaranya  pembangunan fertilizer plant terbesar di Asia Tenggara dengan skema Engineering, Procurement and Construction (EPC); penerbitan sovereign sukuk oleh pemerintah Republik Indonesia; serta proyek dana hibah kerja sama pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah Amerika Serikat di bidang renewable energy. Di bidang pasar modal, TR & Co., merupakan law firm yang selama ini dipercaya untuk menangani berbagai transaksi pasar modal perusahaan-perusahaan pembiayaan besar di Indonesia.

 

Rekrutmen Jadi Gerbang Utama 

Thamrin mengungkapkan, salah satu kunci untuk dapat memberikan layanan hukum yang memuaskan bagi klien, ada di perekrutan dan penyiapan kapabilitas lawyers TR & Co. Pada tahap perekrutan, passion merupakan salah satu hal penting untuk menentukan penerimaan kandidat lawyers. Kandidat harus dapat menunjukkan bahwa ia memiliki passion dan semangat untuk menjadi lawyer. 

Halaman Selanjutnya:
Tags: