Wakil Ketua MA Bidang Yudisial Andi Samsan Nganro Pensiun
Terbaru

Wakil Ketua MA Bidang Yudisial Andi Samsan Nganro Pensiun

Selama menjalankan tugas sejak 11 tahun silam sebagai hakim agung di Mahkamah Agung RI, Andi sudah menuntaskan 7.150 perkara.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Andi Samsan Nganro bersama Ketua MA dan istri usai acara Pengantar Purnabakti, Selasa (31/1/2023). Foto: Humas MA
Andi Samsan Nganro bersama Ketua MA dan istri usai acara Pengantar Purnabakti, Selasa (31/1/2023). Foto: Humas MA

Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Bidang Yudisial Dr. Andi Samsan Nganro memasuki masa purnabakti. Tepatnya, sejak 1 Februari 2023 ia tak lagi menduduki posisi Hakim Agung ataupun Wakil Ketua MA Bidang Yudisial. Acara Pengantar Purnabaktinya digelar Selasa (31/1/2023) kemarin dihadiri oleh Ketua MA RI dan undangan lainnya.

“Purnabakti merupakan momen kesyukuran. Sebab kesuksesan mencapai garis finish pengabdian dengan sehat dan selamat merupakan nikmat yang sangat besar. Tidak semua orang beruntung mencapai fase membahagiakan ini. Sebagian rekan kita ada yang terlebih dahulu dipanggil oleh Allah Swt dalam usia yang relatif masih muda. Sebagian lagi ada yang diuji dengan penyakit, dan lain sebagainya,” ujar Ketua MA RI, Prof M. Syarifuddin, seperti dikutip dari situs resmi MA, Selasa (31/1/2023).

Andi yang selama ini juga menjabat sebagai Juru Bicara MA itu disebutkan Ketua MA sudah memberikan bantuan dan pengabdian yang besar terhadap institusi Mahkamah Agung. Oleh karena itu, ia bersyukur hingga hari terakhir pengabdiannya di MA RI, Andi masih dilimpahkan dengan kondisi sehat.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kebersamaan selama ini telah menjalin hubungan persahabatan sesama warga peradilan. Juga meminta maaf atas segala salah dan khilaf jika selama menjalankan tugas dan pengabdianya, ada tutur kata ataupun sikap yang kurang berkenan,” ungkap Andi di hadapan para undangan Pengantar Purnabaktinya siang itu.

Disebutkan selama menjalankan tugas sejak 11 tahun silam di Mahkamah Agung, Andi sudah menuntaskan banyak perkara. Tepatnya, terdapat total 7.150 perkara yang telah diputus oleh palu keadilannya sepanjang belasan tahun menjabat sebagai seorang Hakim Agung.

Tidak hanya Ketua MA RI, pada acara di lantai 12 Gedung MA itu turut dihadiri Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, jajaran Ketua Kamar, Ketua Umum Dharma Yukti Karini, Ketua Dharma Yukti Karini Mahkamah Agung dan pengurus. Secara online juga diikuti Pejabat Eselon I dan II pada lingkungan MA beserta sejumlah Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama se-Indonesia.

Sebagai informasi, sebelumnya Andi Samsan Nganro terpilih menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial dalam Sidang Paripurna Khusus MA RI. Pemilihan Wakil Ketua MA RI Bidang Yudisial digelar di Ruang Kusumah Atmadja lantai 14 gedung tower MA, Rabu (20/1/2021) lalu. Proses pemilihan yang dipimpin langsung Ketua MA Prof M. Syarifuddin.

Andi Samsan Nganro lahir di Wajo, Sulawesi Selatan pada 2 Januari 1953. Ia menyelesaikan pendidikan hukumnya di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Sementara untuk jenjang S-2, ia melanjutkan di Fakultas Hukum Universitas Krisnadwipayana Jakarta. Pendidikan doktoralnya (S-3) diraih di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung.

Andi Samsan Nganro mengawali kariernya sebagai hakim sebagai hakim tingkat pertama di Pengadilan Negeri Ujung Pandang. Kemudian dari tahun 1998 sampai 2000, dirinya pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong.

Jabatan sebagai Ketua pernah dialami di Pengadilan Negeri Cibinong, Jawa Barat, pada 2003 hingga 2006. Ia pernah mengemban jabatan sebagai Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sejak 2006, dan hakim tinggi di beberapa tempat sebelum akhirnya menjadi hakim agung sejak tahun 2011.

Tags:

Berita Terkait