Wakil Ketua MK Beberkan 3 Modal Sukses Bagi Sarjana Hukum
Utama

Wakil Ketua MK Beberkan 3 Modal Sukses Bagi Sarjana Hukum

Seorang mahasiswa hukum yang tidak bisa bicara dengan baik dan tidak bisa menulis dengan baik akan sulit untuk bisa berhasil.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi terpilih, Prof. Saldi Isra. Foto: WIL
Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi terpilih, Prof. Saldi Isra. Foto: WIL

Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi terpilih, Prof. Saldi Isra dalam momen peluncuran buku karya dosen di Fakultas Hukum Universitas Jember (FH Unej) membeberkan tiga modal kunci sukses untuk sarjana hukum.

Modal sukses ini bisa diperoleh dengan terus mendorong seluruh civitas akademika di FH Unej, khususnya mahasiswa untuk menjaga peradaban dengan terus menulis buku. 

“Pentingnya mendorong teman-teman di fakultas hukum terutama fakultas hukum yang jauh dari pusat dan lingkaran kekuasaan, kalau kita tidak memiliki aktivitas yang bisa menjadi perhatian di lingkungan pusat kekuasaan, maka akan ketinggalan,” ungkap Saldi seperti disiarkan langsung kanal YouTube FH Unej, Jumat (31/3).

Baca Juga:

Saldi menyayangkan, sulitnya mencari buku yang ditulis oleh dosen di tempat sendiri, kebanyakan buku hukum yang ditulis berasal dari dosen dari fakultas hukum yang dekat dengan Jakarta.

“Padahal dosen yang ada di FH Unej yang jauh dari pusat kekuasaan memiliki kemampuan yang tidak kalah dibanding dosen yang dekat dengan pusat kekuasaan. Jadi, saya selalu bilang ke mahasiswa bahwa anda harus bergembira sekarang karena sudah ada dosen di lingkungan kampus yang bukunya diterbitkan secara nasional, kalau mahasiswa itu nggak beli itu keterlaluan,” ujarnya melanjutkan.

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Andalas itu melanjutkan bahwa menulis menjadi keharusan bagi civitas akademika di fakultas hukum yang harus dicontohkan oleh dosen kepada mahasiswanya. Ia mengatakan paling tidak ada tiga modal bagi sarjana hukum untuk sukses.

Tags:

Berita Terkait