Warga Bekasi Uji UU PDP Hingga Jimly Pimpin Forum Aspirasi Konstitusi
Terbaru

Warga Bekasi Uji UU PDP Hingga Jimly Pimpin Forum Aspirasi Konstitusi

Tips menjaga hubungan antar lawyer, masa transisi UU PDP dinilai rawan pembiaran kebocoran data pribadi, lowongan kerja posisi lawyer di 3 firma hukum turut dibahas Hukumonline.

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 2 Menit
Gedung MK. Foto: RES
Gedung MK. Foto: RES

Redaksi Hukumonline menayangkan sejumlah artikel terkait isu hukum setiap harinya. Beragam isu hukum disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Untuk Rabu (16/11/2022), Redaksi Hukumonline memilih 5 artikel pilihan yang layak untuk dibaca mulai warga Bekasi uji materi UU PDP ke MK hingga Prof Jimly Assiddiqie pimpin Forum Aspirasi Konstitusi. Yuk, kita simak ringkasannya!

  1. Warga Bekasi Ajukan Uji Materi Pertama UU Pelindungan Data Pribadi

Dua orang karyawan swasta asal Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi mengajukan permohonan uji konstitusional UU No.27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP). Permohonan terpisah keduanya menjadi upaya hukum pertama yang mempersoalkan konstitusionalitas UU PDP yang baru disahkan pada 17 Oktober 2022. Simak selengkapnya dalam artikel ini!    

  1. Tips Menjaga Hubungan Antar Lawyer Demi Keberlangsungan Kantor Hukum

Sesuai UU No.18 Tahun 2003 tentang Advokat (UU Advokat), advokat atau lawyer adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum baik di dalam maupun di luar pengadilan yang memenuhi persyaratan berdasarkan ketentuan UU. Sebagai profesi yang menawarkan jasa hukum, interaksi dan hubungan antar lawyer baik dalam satu kantor hukum maupun berbeda dipandang penting. Lantas, seberapa penting menjaga hubungan antar lawyer demi pertumbuhan sebuah kantor hukum? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Masa Transisi UU PDP Dinilai Rawan Pembiaran Kebocoran Data Pribadi

Lembaga Studi Advokasi Masyarakat (Elsam) menyoroti rentetan dugaan kebocoran data pribadi yang melibatkan dua entitas strategis saat ini. Kebocoran data ini harus jadi perhatian semua pihak karena entitas tersebut mengelola hajat hidup banyak orang dan fungsi pelayanan publik, selain jumlah data yang dibocorkan juga sangat signifikan. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Ini Dia 4 Lowongan Kerja Posisi Lawyer di 3 Firma Hukum

Guna memperoleh informasi lowongan kerja pada sebuah kantor hukum umumnya dapat dilakukan dengan mengakses laman resmi atau media sosial firma hukum yang bersangkutan. Hukumonline kali ini telah merangkum 4 lowongan pekerjaan pada 3 firma hukum di pertengahan bulan November 2022. Yuk, simak daftar berikut ini! Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Jimly Pimpin Forum Aspirasi Konstitusi di MPR

Selama 24 tahun reformasi bergulir terdapat berbagai dinamika perkembangan aspek hukum ketatanegaraan. Dinilai dari berbagai aspek, saatnya bangsa Indonesia mengevaluasi kembali ide-ide konstitusional yang terdapat dalam UUD Tahun 1945 pasca reformasi agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan zaman. Demikian disampaikan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Prof Jimly Asshiddiqie dalam sebuah diskusi di Komplek Gedung Parlemen, Rabu (16/11/2022). “Sudah saatnya perlu evaluasi menyeluruh tentang konstitusi,” ujarnya. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel tersebut dapat memberi informasi tambahan bagi Anda. Simak selengkapnya beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait