Soewondo Memang Tukang Pijat Gus Dur
Berita

Soewondo Memang Tukang Pijat Gus Dur

Jakarta, hukumonline. Pernyataan Soewondo bahwa ia tidak pernah bertemu dan bukan tukang pijat Gus Dur ternyata bualan semata. Soewondo itu memang pernah menjadi tukang pijat Presiden Abdurrahman Wahid.

Oleh:
Tri/Fat/APr
Bacaan 2 Menit
Soewondo Memang Tukang Pijat Gus Dur
Hukumonline

Desas desus bahwa Soewondo adalah tukang pijat Gus Dur dibenarkan Wahyu Muryadi, Kepala Biro Protokoler Kepresidenan. Hal tersebut dikatakan Wahyu ketika memberikan kesaksian pada sidang kasus lanjutan Buloggate dengan terdakwa Sapuan di PN Jaksel pada Selasa (31/10).

Dalam sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Lalu Mariyun itu, Wahyu menyatakan memang mengenal Soewondo ketika dirinya masih berstatus wartawan Tempo. Pada waktu akan mewawancari Gus Dur, Kyai NU yang sekarang Presiden itu sedang dipijat oleh Soewondo. "Pada waktu itu yang sedang dipijat adalah kaki Gus Dur," demikian ungkap Wahyu.

Selaku Kepala Biro Protokoler, Wahyu mengaku dirinya sama sekali tidak mengetahui adanya pertemuan antara Gus Dur dengan Sapuan di Istana pada 7 Januari 2000. Nama Sapuan tidak terdaftar dalam buku hijau keprotokoleran Presiden yang dijaga Paspampres.

Buku hijau tersebut memuat berbagai acara dan pertemuan Presiden dengan berbagai pihak. Berdasarkan buku itu, pada 7 Januari 2000 dari pukul 14.00 Gus Dur bertemu dengan Freddy Numberi, pukul 15.00 betemu dengan tim dokter dari Beijing, dan pukul 16.00 adalah persiapan buka puasa. "Sama sekali tidak ada nama Sapuan," kata Wahyu.

Namun, Wahyu tidak menutup kemungkinan adanya pertemuan antara Sapuan dan Gus Dur yang tidak teregister dalam buku yang tidak diketahuinya sama sekali. "Sebagaimana telah dijelaskan oleh Gus Dur dalam jumpa pers di Bina Graha, memang ada  pertemuan antara Gus Dur dengan Sapuan," kata Wahyu dalam kesaksiaannya.

Kenal sudah 10 tahun

Selain Wahyu, saksi lain yang diperiksa dalam persidangan ini adalah Aris Junaidi, seprang pengusaha rekaman dangdut kaki lima yang biasa membuat copy master lagu-lagu dangdut.

Aris membenarkan informasi yang menyatakan dirinya menerima kucuran dana Rp5 milyar dari Soewondo. Aris menjelaskan, uang Rp5 miliar tersebut didapat dengan meminjam dari Soewondo tanpa bunga dan tanpa ikatan. "Karena memang saya sudah kenal baik dengan Soewondo selama 10 tahun," cetus Aris.

Tags: