Pengacara di New York Tolak Kasus Jika Gaji Tidak Naik
Berita

Pengacara di New York Tolak Kasus Jika Gaji Tidak Naik

Jakarta, hukumonline. Dasar mata duitan! Para pengacara di New York yang mewakili keluarga miskin dalam kasus-kasus hukum keluarga telah bersumpah. Mereka akan menolak perkara-perkara baru di Manhattan dan Brooklyn, jika gaji mereka tidak dinaikkan. Tingkat gaji para pengacara ini yang terendah di AS.

Oleh:
Fat/APr
Bacaan 2 Menit
Pengacara di New York Tolak Kasus Jika Gaji Tidak Naik
Hukumonline

Namun, tuntutan para pengacara ini wajar-wajar saja. Pasalnya, tingkat upah para pengacara yang sekarang, ditetapkan pada 1986 atau hampir lima belas tahun. Gubernur New York dan para anggota legislasi New York lah yang berwenang menetapkan tingkat upah tersebut. Para pengacara itu berharap dapat menekan para pihak penentu kebijakan tersebut melalui suatu surat yang ditujukan pada pejabat pengadilan

"Sistem yang sekarang sedang sekarat," kata Gary Schultz, juru bicara untuk kelompok pengacara di Manhattan dan Brooklyn dalam sebuah wawancara dengan wartawan nytimes.com. Menurut Schultz, satu-satunya cara agar mereka memberikan perhatian adalah bila sistem tersebut sama sekali tidak berjalan.

Saat ini saja, pengadilan-pengadilan di New York sudah kekurangan pengacara yang mau menangani kasus-kasus mengenai kekerasan dalam rumah tangga, penganiayaan dan penelantaran anak, kenakalan anak, serta pemeliharaan dan pengangkatan anak.

Jumlah para pengacara yang berkutat dalam bidang ini telah mengalami penurunan dalam sepuluh tahun terakhir. Ancaman yang dilontarkan para pengacara sekarang telah mengakibatkan tertundanya penyelesaian terhadap kasus-kasus yang sedang berjalan.

Lobi agar gaji naik

Menanggapi hal ini, lembaga yudikatif New York telah berusaha melakukan lobi ke berbagai kelompok pengacara agar gaji para pengacara dinaikkan. Saat ini, gaji pengacara yang menangani kasus-kasus kriminal maupun keluarga adalah AS$40 per jam untuk setiap waktu yang dihabiskan dalam pengadilan dan AS$25 per jam untuk pekerjaan di luar pengadilan.

Untuk ukuran pengacara, tingkat gaji yang seperti ini adalah yang terendah di AS, kecuali untuk New Jersey yang mempunyai jaringan kerja kantor pembela umum yang luas.

Hakim Juanita Bing Newton telah ditunjuk oleh Judith S. Kaye, hakim ketua di Pengadilan Banding Negara Bagian New York, untuk menyelesaikan masalah renumerasi ini. Menurut Newton, para keluarga yang datang untuk menjalani proses peradilan sering disuruh kembali lain hari karena tidak ada pengacara yang hadir untuk mewakili mereka.

Halaman Selanjutnya:
Tags: