Bee Movie: Tatkala Lebah Menuntut Manusia
Resensi

Bee Movie: Tatkala Lebah Menuntut Manusia

Di pengadilan, lebah menghadirkan penyanyi Sting sebagai saksi.

Oleh:
YCB
Bacaan 2 Menit
Foto: www.jetsetstudio.com
Foto: www.jetsetstudio.com

Ingin bermanfaat bagi semua? Contohlah lebah si pemanen sari bunga. Madu yang diproduksi lebah bisa dinikmati oleh siapa saja -termasuk manusia. Namun, apa jadinya jika binatang bersengat ini tak terima, hasil jerih payahnya diserobot manusia? Nikmati saja sengitnya perang di meja hijau dua spesies ini dalam film animasi “Bee Movie”. Dijamin lucu plus menyentak alam pikir kita.

Bekerja tanpa henti dari lahir hingga mati. Itulah takdir Apis mellifera alias lebah madu. Sejak keberadaannya di muka bumi 27 juta tahun silam, pekerjaan serangga berlarik hitam-kuning ini cuma satu: memanen madu.

Kata Nabi Muhammad, dan berbagai ahli kesehatan, madu dapat menjadi penyembuh beragam penyakit. Walhasil, manusia musti tahu betul manfaat cairan manis itu. Jadi, selama ini, lebah hanya diperas tenaganya demi melayani manusia? Nah, kaum lebah berhak menuntut manusia di meja hijau, kan?

Pertanyaan nakal, tepatnya gugatan, inilah yang berkecamuk dalam batok kepala komedian Jerry Seinfeld. Penyabet Golden Globe dan Emmy Award ini memproduksi film animasi Bee Movie. Sekaligus, Jerry melakoni tokoh utama -tepatnya pengisi suara (dubber), Barry Bee.

Barry merupakan lebah remaja yang merasa bosan. Dia berpikir kehidupan bangsa serangga ini ajek alias itu-itu saja. Hanya mengambil madu hingga akhir hayat. Satu saat Barry kepincut pada pasukan elit pencari madu (Bee Brigade). Barry turut serta keluar sarang dan menikmati serunya mengail madu di dunia luar.

Bercengkrama dengan alam di luar sarang, Barry selanjutnya bertemu dengan seorang wanita penjual bunga (florist) yang bernama Vanessa (diperankan oleh Renee Zellweger). Keduanya berkawan. Namun, Ken, kekasih Vanessa, selalu ingin melenyapkan Barry.

Berawal dari situlah, Barry tersentak. Ternyata manusia sangat kejam terhadap lebah. Selain ingin memusnahkan lebah yang nyasar ke dalam rumah mereka, manusia juga selalu mengeduk madu dalam jumlah besar-besaran.

Halaman Selanjutnya:
Tags: