PBHI Menilai Muladi Berbohong
Berita

PBHI Menilai Muladi Berbohong

Jakarta, Hukumonline. Belum lagi menjadi hakim agung, Prof. Dr. Muladi, SH sudah dianggap berbohong. Muladi mengaku sebagai anggota International Commissions Jurist (ICJ). Namun setelah dicek, ICJ mengaku tidak memiliki anggota bernama Muladi.

Oleh:
Inay/APr
Bacaan 2 Menit
PBHI Menilai Muladi Berbohong
Hukumonline

Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Azasi Manusia Indonesia (PBHI) menilai kandidat Ketua Mahkamah Agung (MA) dari Golkar ini berbohong. Dalam pernyataannya No.15/SP-PBHI/VIII/2000, disebutkan dalam wawancara dengan majalah Forum, Muladi mengaku anggota ICJ. "Klaim itu ia nyatakan dalam rangka mengesankan bahwa ia adalah calon yang paling kapabel bagi Ketua MA," demikian bunyi surat PBHI.

Dalam wawancara dengan Forum No.17 tanggal 30 Juli 2000, Muladi menyatakan bahwa dalam reformasi MA, ia membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk beradaptasi dan perencanaan. "Kalau perlu saya akan melibatkan ahli-ahli dari luar negeri yang, misalnya pernah bergerak di bidang manajemen peradilan dari Amerika. Apalagi saya adalah anggota International Comission Jurist (ICJ), suatu badan PBB di Jenewa," ujar Muladi.

PBHI menilai pernyataan Muladi ini keliru. ICJ memang dikenal luas sebagai organisasi nonpemerintah yang memilik ternandang di dunia dan memiliki statuf konsultatif dengan PBB. Namun, ICJ bukan  badan PBB seperti disebut oleh Muladi dalam wawancara itu.

Sejak lama, ICJ menjadi mitra kerja PBHI. ICJ lah yang dalam beberapa tahun terakhir ini menspoonsori lobi internasional di Komisi Hak-hak Azasi Manusia PBB.

 

ICJ Membantah

Pada 27 Juli 2000 Wakil Ketua PBHI Rachland Nashidik, mengirim surat kepada ICJ untuk mengkonfirmasikan benarkah pernyataan Muladi yang mengklaim menjadi anggota ICJ.

Dalam surat balasannya tertanggal 2 Agustus 2000, Adian Serena, Acting Secretary-General ICJ menyatakan bahwa bukan dan tidak pernah menjadi anggota ICJ.

Masih dalam suratnya Serena menambahkan bahwa Muladi, dalam kapasitasnya sebagai Chairman of the Habibie Centre hanya pernah mengikuti "Workshop of Experts on Combating Judicial Corruption " yang diselenggarakan di Geneva pada 23-25 Februari 2000. Seminar ini diselenggarakan oleh the Centre for the Independence of Judges and Lawyers, sebuah divisi kerja dari ICJ.

Tags: