Dipecat Gara-Gara File MP3, Akankah Terjadi di Indonesia?
Fokus

Dipecat Gara-Gara File MP3, Akankah Terjadi di Indonesia?

Hati-hati jika menyimpan file MP3 dalam komputer karena file berformat ini bisa sangat berbahaya bagi karier Anda. Seorang sekretaris pada Universitas NorthWestern di Evanston Amerika Serikat dipecat karena ketahuan menyimpan ribuan file MP3 dalam komputer kerjanya. Bagaimana jika kasus ini terjadi di Indonesia?

Oleh:
Zae/Muk/Ram/APr
Bacaan 2 Menit
Dipecat Gara-Gara <I>File</I> MP3, Akankah Terjadi di Indonesia?
Hukumonline

Carla Tomino, sekretaris yang dipecat tersebut, mengatakan bahwa dirinya diketahui telah menyimpan lebih dari 2.000 file MP3 dalam komputernya. Tindakannya tersebut membuatnya diberhentikan dari pekerjaannya pada 23 Juli 2001 lalu di bawah tuduhan telah melanggar kebijakan penggunaan aset perusahaan.

Kebijakan terhadap penggunaan aset perusahaan umumnya diberlakukan terhadap penggunaan e-mail dan telepon. "Namun, pihak perusahaan menjelaskan bahwa isi komputer lah yang menyebabkan pemberhentian ini," jelas Carla, seperti yang diberitakan situs berita news.cnet.com.

Setelah diteliti lebih jauh, ternyata alasan pemberhentian Carla bukan semata karena tindakannya menyimpan file MP3. Pihak universitas menjelaskan bahwa sebagian dari file-file MP3 tersebut adalah file-file hasil bajakan.

Hal ini diketahui setelah pihak universitas dihubungi perusahaan musik milik mantan anggota Beatles, Geoge Harrison, yang menduga adanya salinan musik tanpa ijin dalam komputer Carla.

Mudah disebarluaskan

MP3 adalah singkatan dari Motion Picture Experts Group (MPEG) lapisan 3, yaitu standar kompresi keluarga video digital lapisan 3 hasil kreasi grup dengan nama MPEG juga.

Format file ini biasanya digunakan untuk mengkompresi file-file musik sehingga didapatkan file musik digital yang mirip kualitas musik asli dengan ukuran file yang kecil.

Fakta ini juga terjadi di Indonesia. Tidaklah sedikit pengguna komputer yang memiliki file MP3 di dalam harddisc-nya. File-file tersebut ada yang berasal dari compact disc yang asli dan bajakan.

Tags: