Penyakit Lupa Pejabat
Jeda

Penyakit Lupa Pejabat

Jika Amerika baru-baru ini diserang virus Anthrax, sebenarnya ada satu virus yang sudah lama menghinggapi para mantan pejabat Indonesia, yaitu virus lupa alias tidak ingat.

Oleh:
*****
Bacaan 2 Menit
Penyakit Lupa Pejabat
Hukumonline

Anehnya, virus lupa yang menghinggapi para pejabat ini hanya seputar memori mengenai kejadian tertentu saja pada saat mereka masih menjabat.  Sementara untuk hal-hal lainnya, mereka dapat mengingat dengan baik...

Memang, hampir semua orang pernah lupa. Bahkan, ada juga orang yang pelupa. Lupa menurut Kamus Besar Indonesia artinya adalah lepas dari ingatan, tidak dalam pikiran atau ingatan lagi, tidak teringat, tidak sadar, lalai, tidak acuh. Lupa berarti apa yang diketahui lolos dari ingatan.

Nah, repotnya kalau mantan pejabat itu mengaku lupa. Benar-benar lupa atau memang pura-pura lupa? Itu yang sulit dibedakan.

Dalam kasus yang menyangkut Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Bank Bali saja, kita bisa melihat banyaknya pejabat yang diserang virus ini. Rupanya, penyakit lupa ini menular.

Mantan Mensesneg Moerdiono, dalam persidangan mantan Kabulog Beddu Amang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menyatakan bahwa tukar guling (ruilslag) Goro dan Bulog sudah disetujui oleh presiden.

Namun ketika ditanya dari mana nama Goro muncul untuk menjadi mitra Bulog, Moerdiono mengaku Lupa. Herannya, Pak Moer menyatakan munculnya Goro dapat dipertanggungjawabkan.

Nah yang ini bukan pejabat, tetapi karib dengan presiden pada saat itu, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang tersandung Buloggate. Suwondo, yang mengaku akrab dengan Gus Dur dan menjadi tukang pijatnya, mengaku lupa dan tidak bisa mengingat pertemuan Wakabulog Sapuan dengan Gus Dur.

Halaman Selanjutnya:
Tags: