Definisi Hukum
Jeda

Definisi Hukum

Seorang awam bertanya pada seorang pakar hukum mengenai definisi hukum. Kata sang pakar, Menjelaskan apa sebenarnya hukum itu sulit, tetapi kita bisa memahaminya dari cerita berikut.

Oleh:
*****
Bacaan 2 Menit
Definisi Hukum
Hukumonline

Sang pakar pun bercerita: "Dua orang bergantian masuk ke dalam sebuah cerobong asap yang hitam. Saat keluar dari cerobong, badan dan pakaian salah seorang di antaranya menjadi hitam kotor, sedangkan yang satunya tetap putih bersih. Pertanyaannya, siapa di antara mereka yang akan mandi untuk membersihkan badan?"

"Tentu saja yang badannya kotor," jawab orang awam.

"Salah, yang badannya bersihlah yang akan mandi. Kenapa? Karena melihat rekannya kotor, ia menganggap dirinya juga kotor. Sedang yang kotor menganggap dirinya bersih."

Si pakar hukum melanjutkan lagi ceritanya. "Kedua orang tadi masuk lagi ke dalam cerobong. Ketika keluar, keadaannya tetap saja. Satu kotor dan satu bersih. Siapa yang mandi?"

"Yang bersih," jawab orang awam.

"Salah, yang badannya kotorlah yang mandi. Berdasarkan pengalaman yang terdahulu, mereka memeriksa dirinya sendiri, tidak melihat diri orang lain. Yang kotor tahu dirinya kotor, maka dia segera mandi."

Cerita terus berlanjut. "Untuk ketiga kalinya, mereka masuk lagi ke dalam cerobong. Sekarang siapa yang mandi, yang bersih atau yang kotor?"

Orang awam berpikir sejenak dan menjawab, "Yang bersih."

"Salah," jawab pakar hukum.

"Kalau begitu, keduanya mandi bersama atau tidak ada yang mandi," cetus orang awam.

"Semua salah. Yang benar adalah mana mungkin ada cerita macam itu. Dua orang masuk ke satu cerobong, tetapi keluarnya bisa satu bersih satu kotor?," jawab sang pakar.

"Begitu pula definisi hukum itu, semuanya tergantung dari siapa yang menafsirkannya." Demikanlah penjelasan definisi hukum yang dijabarkan oleh pakarnya.

 

Tags: