Manual Al Qaidah di Situs Depkeh AS
Jeda

Manual Al Qaidah di Situs Depkeh AS

Osama bin Laden dan Jaringan Al Qaidah begitu menjadi momok bagi Amerika Serikat. Apapun yang berbau Al Qaidah akan dicap sebagai teroris dan bakal ditumpas habis. Ironisnya, manual pelatihan Al Qaedah ada di situs Departemen Kehakiman AS. Lho?

Oleh:
****
Bacaan 2 Menit
Manual Al Qaidah di Situs Depkeh AS
Hukumonline

Jika Anda mengira untuk mengikuti pelatihan Al-Qaidah seseorang harus pergi ke Afghanistan, Anda keliru. Untuk bisa mendapatkan manual pelatihan Al Qaidah (Al Qaeda Training Manual), Anda cukup mengklik www.usdoj.gov, situs Departemen Kehakiman Amerika Serikat.

Dalam situs tersebut disebutkan bahwa manual itu  ditemukan oleh polisi Manchester Inggris ketika menggeledah rumah seorang yang diduga sebagai anggota Al Qaidah. Manual itu ditemukan dalam  sebuah file komputer yang berjudul "military series". Manual yang dimuat dalam situs itu dinyatakan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Manual itu terdiri dari dua belas bagian lebih dan memuat berbagai macam hal. Laiknya cerita detektif, di situ terdapat berbagai petunjuk untuk memata-matai pihak lain untuk mencari informasi.

Ada pula berbagai tips untuk memperoleh informasi di suatu wilayah. Misalnya, diharuskan untuk mempelajari area itu terlebih dahulu, memperhatikan jalan-jalan yang ada, seperti jalan yang terbuka dan jalan buntu. Serta mempelajari kebiasaan dan cara berpakaian serta aksen penduduk setempat. Pada saat mengumpulkan informasi, dilarang untuk membawa senjata.

Penggambaran suatu lokasi juga harus detil dan serealistis mungkin, sehingga seseorang yang belum pernah mengunjungi wilayah tersebut bisa membayangkan lokasi itu. Jika akan memotret,  anggota diharuskan dapat mencuci cetak film sendiri. Memproses film di tempat cuci cetak biasa dianggap terlalu beresiko.

Ada pula tes untuk menguji agen yang baru direkrut untuk mencari informasi. Untuk mengetahui kemampuan, loyalitas dan indepedensi dari agen baru, agen biasanya diminta untuk mencari suatu informasi yang sebenarnya sudah diperoleh organisasi.

Jika informasi yang diperoleh agen berbeda dengan informasi yang diperoleh organisasi, maka agen tersebut mungkin bukan sumber yang dipercaya atau sengaja memberikan informasi yang menyesatkan.

Halaman Selanjutnya:
Tags: