Asinan Termahal, Sidang Termahal
Jeda

Asinan Termahal, Sidang Termahal

Berapa harga asinan? Jika hal itu Anda tanyakan pada Elza Syarief, pengacara Tommy yang tengah diduga melakukan suap, jawabannya adalah Rp300 ribu. Tidak jelas terbuat dari buah dan sayur apakah asinan semahal itu. Selain asinan termahal, sidang Elza bisa jadi sidang termahal.

Oleh:
****
Bacaan 2 Menit
Asinan Termahal, Sidang Termahal
Hukumonline

Yang jelas, dalam pemeriksaan Elza di majelis kehormatan kode etik HAPI (3/4) ketika dilakukan pemeriksaan saksi yang merupakan karyawan Elza, soal asinan sempat menjadi pembahasan.

Dua karyawan Elza ketika menjadi saksi mengatakan bahwa Elza memberi uang Rp300 ribu pada Tatang Soemantri dan Rachmat Hidayat, dua satpam Apartemen Cemara yang disangka menerima suap,  untuk membayar asinan yang dipesan Elza dan ongkos.

Entah, untuk apa Elza membeli asinan semahal itu atau mungkin asinan itu benar-benar istimewa. Taruhlah harga Rp300 ribu itu termasuk untuk transport, tetap saja bisa dibelikan berpuluh- puluh bungkus asinan Bogor yang terkenal nikmat dan segar itu.

Itu baru soal asinan. Sidang majelis kehormatan kode etik HAPI itu dijejali oleh puluhan pengacara beken yang tarifnya ratusan dollar perjam. Tim penasehat hukum Tommy Soeharto misalnya, tampil lengkap untuk memberi support bagi Elza.

Mereka adalah pengacara beken yang namanya kerap menghiasi koran, seperti Juan Felix Tampubolon, M. Assegaf, dan Indrianto Seno Adji. Hadir pula tiga serangkai, Hotma Sitompoel, Ruhut Sitompul, dan Tommy Sihotang.

Selain itu, hadir pula pengacara senior Adnan Buyung Nasution dan praktisi hukum Frans Hendra Winata yang hadir menjadi saksi ahli, pengacara muda Farhat Abbas yang menjadi anggota Tim Advokasi Metro Jaya. Tidak ketinggalan pula Yan Apul, Palmer Situmorang, dan pengacara lainnya.

Kalau kita asumsikan ada lima puluh saja pengacara yang hadir dan tarif mereka AS$ 200 pe rjam. Maka dengan hitungan sidang dilangsungkan dari pukul 09.00 hingga 20.00, harga sidang tersebut sehari adalah AS$ 100.000 atau Rp1 miliar. Padahal sidang itu berlangsung selama dua hari, yang berarti total menjadi Rp2 miliar.

Halaman Selanjutnya:
Tags: