Menggugat Setan
Jeda

Menggugat Setan

Setan adalah sumber kejahatan. Nyaris, semua orang mempercayai hal itu. Sudah diketahui pula bahwa setan akan selalu menggoda manusia agar terjerumus dalam kesesatan. Tapi adakah di antara kita yang terpikir untuk menggugat setan atas kegagalan atau kesulitan yang kita hadapi dalam kehidupan?

Oleh:
****
Bacaan 2 Menit
Menggugat Setan
Hukumonline

Yang dimaksud menggugat di sini bukanlah menggugat secara wacana, melainkan benar-benar menggugat secara hukum. Tentunya, dengan cara mengajukan gugatan ke pengadilan.

Jika Anda pikir hal itu adalah tindakan yang "gila", Gerald Mayo berpikiran lain.  Menurut Mayo, setan harus bertanggungjawab atas segala penderitaan yang dialaminya.

Mayo mengajukan gugatan terhadap setan dan para stafnya di pengadilan distrik bagian barat Pennsylvania, Amerika Serikat. Gugatan itu terdaftar dalam Mayo v. Satan and His Staff, 54 F.R.D 228 (W.D.Pa.1971).

Seperti dikutip dari www.tamerlane.ca/library/cases/humour/mayo_v_satan.htm, Mayo menggugat setan dan stafnya. Alasannya, setan telah menyebabkan kemalangan dan melakukan ancaman yang tidak beralasan untuk melawan kehendak pribadi penggugat.

Penggugat menuduh setan telah dengan sengaja memasang penghalang-penghalang dalam perjalanan hidupnya, sehingga menyebabkan kegagalan penggugat. Dengan segala tindakan tersebut, setan dianggap telah merampas hak-hak konstitusional dari penggugat.

Namun, gugatan ini (sayangnya)  ditolak oleh pengadilan. Salah satu alasan yang diajukan oleh pengadilan dalam menolak gugatan ini adalah masalah bagaimana cara penggugat dapat menentukan yurisdiksi pribadi dari si tergugat.

Termasuk, apakah pengadilan tersebut memiliki kompetensi untuk mengadili tergugat mengingat tidak jelasnya tempat tinggal tergugat. Yah, tentu saja akan menjadi masalah bagi pengadilan untuk mengirim surat panggilan sidang ke neraka...

Apalagi tidak ketahuan jenis setannya, apakah termasuk jenis dedemit, genderuwo, kuntilanak, atau yang lain. Jika salah alamat, bisa-bisa para setan itu malah mengamuk dan kembali menyerang Mayo.

Tags: