Hukuman Membaca Buku
Jeda

Hukuman Membaca Buku

Sebagai pemenang penghargaan bergengsi Pulitzer, novel "To Kill a Mocking Bird" karya Harper Lee merupakan novel klasik yang banyak dibaca orang. Tapi, bukan itu alasan William Fowlkes terpaksa harus membaca novel itu. Hakim memerintahkan Fowlkes untuk membaca buku itu dan membuat esai sebagai bagian dari hukuman bagi Fowlkes. Apa dosanya?

Oleh:
****
Bacaan 2 Menit
Hukuman Membaca Buku
Hukumonline

Hakim Juan Sanchez dari pengadilan West Chester, Pennsylvania, AS  memerintahkan Fowlkes untuk membaca novel "To Kill a Mocking Bird" dan membuat esai tentang bagaimana kelakuan "menjijikan" Fowlkes berhubungan dengan buku itu.

 

Bahkan, Sanchez memberikan edisi miliknya kepada Fowlkes. "Saya membaca buku itu berulang kali karena saya pikir itu adalah buku yang 'kuat'. Buku itu berhasil memotret kehidupan seorang pengacara yang dihargai oleh orang lain di masa sulit," ujar Sanchez.

 

Fowlkes telah berulang kali ditahan untuk berbagai alasan. Termasuk, menerobos masuk secara kriminal, pelecehan, dan penyerangan selama dua dekade terakhir. Yang terakhir, ia ditahan pada Maret 2003 ketika polisi West Chester datang ke tempat terjadinya sebuah keributan. 

 

Menurut polisi, Fowlkes meludahi seorang polisi dan menendang jendela kaca mobil patroli, menyebabkan hancurnya kaca dan kerangka jendela. Mungkin untuk memastikan bahwa Fowlkes mempunyai cukup waktu untuk membaca buku  dan menulis esai, Sanchez juga menghukum Fowlkes dengan hukuman penjara selama empat sampai 12 bulan dan membayar denda sebesar AS$350.

 

Sanchez menyatakan ia berharap agar terpidana memperhatikan secara khusus bagian buku di mana Atticus Finch, tokoh utama berhati mulia dalam buku itu, tetap bersikap sabar ketika tokoh lain meludahinya.

 

Novel "To Kill a Mocking Bird" bercerita mengenai tuduhan yang salah kepada seorang pria kulit hitam -- yang dibela oleh Finch -- yang dituduh memperkosa wanita kulit putih. Novel ini pertama diterbitkan pada 1960 dan mendapat penghargaan Pulitzer pada 1961. Buku itu diangkat ke layar lebar pada 1962 dan dibintangi oleh aktor terkenal saat itu, Gregory Peck.

 

Tags: