Susno Siap Jadi Saksi dan Dikonfrontir dengan Sjahril Djohan
Berita

Susno Siap Jadi Saksi dan Dikonfrontir dengan Sjahril Djohan

Beredar dokumen mirip BAP Syahril Djohan yang isinya menyebut Susno menerima janji pemberian uang. Susno akan dimintai keterangan.

Oleh:
Nov
Bacaan 2 Menit
Susno Siap Jadi Saksi dan Dikonfrontir dengan Sjahril Djohan
Hukumonline

Dugaan praktek makelar kasus (markus) dalam penanganan kasus Gayus Halomoan P Tambunan menyeret sejumlah pihak. Salah satunya adalah Penasihat Ahli Fungsional Polri, Sjahril Djohan. Nama, Sjahril mencuat setelah mantan Kabaresrim Mabes Polri Susno Duaji menyebut adanya Mr.X dalam forum Komisi III DPR minggu lalu. Mr X kemudian diasosiasikan dengan Syahril Djohan.

 

Meski dalam rapat terbuka tidak menyebut nama Sjahril secara gamblang, Susno menyatakan Mr. X terlibat dalam sejumlah praktik markus di Mabes Polri. Tudingan itu  turut menyeret jenderal polisi bintang tiga berinisial MP. Belakangan, diketahui inisial MP merujuk pada mantan Wakapolri, Makbul Padmanegara.

 

Untuk membuktikan pernyataan Susno, tim penyidik independen bentukan Kapolri sudah memeriksa Sjahril di Mabes Polri begitu yang bersangkutan kembali dari Singapura. Kemudian, dalam waktu 1x24 jam penyidik akhirnya menetapkan Sjahril sebagai tersangka. Selain ditetapkan sebagai tersangka, Sjahril ditahan di Bareskrim karena diduga terlibat dalam praktek markus penanganan kasus Gayus.

 

Dari hasil pemeriksaan sementara, Kabid Penerangan Umum (Penum) Divisi Humas Mabes Polri Zulkarnain menyatakan Sjahril sempat mengiming-imingi Susno sejumlah uang untuk “meringankan” kasus penggelapan, korupsi, dan pencucian uang yang dilakukan Gayus. Namun, lanjut Zulkarnain, iming-iming ini masih didalami penyidik, karena aliran dana kepada Susno belum terbukti.

 

Pendalaman masalah ini dilakukan penyidik dengan meminta keterangan Susno. Penyidik sudah mengagendakan pemeriksaan mantan Kapolda Jawa Barat itu pada Selasa (20/4) mendatang.

 

Akibat pengakuan Sjahril, penyidik akhirnya mengagendakan pemeriksaan Susno sebagai saksi, Selasa depan (20/4). Wakadiv Humas Mabes Polri Zainuri Lubis mengatakan pemeriksaan Susno Selasa mendatang dalam kaitannya dengan Sjahril. Selain diperiksa sebagai saksi, Susno juga akan dikonfrontir dengan Sjahril dan tersangka lainnya (16/4). “Dari tim sudah buat jadwal. Untuk Pak Susno dipanggil hari Selasa depan tanggal 20 April 2009 sebagai saksi. Hari ini surat dilayangkan, dan pemanggilan Susno ini dalam kaitannya dengan SJ. Akan dikonfrontir juga dengan tersangka SJ, dan tidak menutup kemungkinan (akan dikonfrontir) dengan tersangka lain”.

 

Rencana itu juga diamini anggota Kompolnas Ronny Lihawa. Seperti diketahui, Kompolnas didaulat sebagai pengawas dalam penyidikan kasus Gayus. “Pak Susno diperlukan keterangannya sebagai saksi untuk membuktikan pernyataannya di Komisi III DPR. Ketika itu, Pak Susno menyatakan kalo SJ adalah markus, sehingga dokumen dan pernyataan yang Pak Susno punya itu harus di tuangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) untuk memperkuat pembuktian”. Tidak hanya terkait dengan Sjahril, Ronny melanjutkan, kesaksian Susno ini juga dibutuhkan dalam kasus Gayus dan tersangka-tersangka lainnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags: