Pemerintah Bantah Ada Ribuan Perda Bermasalah
Berita

Pemerintah Bantah Ada Ribuan Perda Bermasalah

Indonesia dinilai masih sangat menarik untuk berinvestasi.

Oleh:
M-7
Bacaan 2 Menit
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Radjasa Foto: Sgp
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Radjasa Foto: Sgp

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Radjasa membantah membiarkan ribuan Peraturan Daerah (Perda) bermasalah yang mengganggu iklim investasi.

 

“Saya tidak yakin sampai ribuan perda yang bermasalah. Para Bupati juga tak ingin membebani daerahnya sendiri dan menjadikan tak menarik buat investasinya,” tukas Hatta, Jumat (16/07) dalam bincang-bincang bersama wartawan.

 

Hatta mengungkapkan, saat ini ada kesepakatan antara pemerintah pusat dan daerah untuk mendorong investasi. Karena investasi berlangsung di daerah dan ada di pemerintah daerah, maka yang akan menikmati adalah masyarakat. Jika memang ada perda yang dinilai menghambat iklim investasi, pemerintah akan merekomendasikan agar perda tersebut dicabut.

 

Dia katakan, pemerintah telah melakukan langkah-langkah untuk mengharmonisasi peraturan perundang-undangan dan peraturan daerah. “Kita serasikan dan menjadi daya tarik investor melakukan investasi ke Indonesia.”

 

Meski demikian, Hatta mengakui ada saja perda yang menghambat laju investasi. Hal ini bisa saja menjadi masalah. Namun, tetap saja, Indonesia saat ini adalah salah satu negara yang sangat menarik untuk Investor.

 

Hal itu dapat dibuktikan dengan penilaian paling anyar dari Japan Credit Rating Agency (JCRA) denga menaikkan peringkat Indonesia menjadi investment grade. Kenaikan peringkat ini berdampak positif bagi Indonesia di mata lembaga pemeringkat lainnya. Hatta menilai, penaikan peringkat Indonesia oleh JCRA dilakukan dengan perbandingan negara China dan India.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait