Chandra Hamzah Segera Diperiksa Pengawas Internal
Aktual

Chandra Hamzah Segera Diperiksa Pengawas Internal

Oleh:
Fat
Bacaan 2 Menit
Chandra Hamzah Segera Diperiksa Pengawas Internal
Hukumonline

Ketua KPK Busyro Muqoddas berjanji akan memeriksa seluruh nama yang disebut-sebut oleh tersangka suap Sesmenpora, M Nazaruddin. Sejumlah nama tersebut diantaranya, Wakil Ketua KPK Chandra M Hamzah, Deputi Penindakan Ade Rahardja dan Wakil Ketua KPK M Jasin. Menurut Nazaruddin, seluruhnya diduga melakukan pertemuan dengan Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum terkait kasus Sesmenpora.

 

Tapi hingga kini, lajut Busyro, pihaknya masih mendalami informasi Nazaruddin tersebut. "Siapapun juga (diperiksa). Sekarang masih pengumpulan informasi, benar apa enggak saya belum bertemu Pak Chandra," kata Busyro seusai melantik Direktur Penuntutan KPK yang baru Warih Sardono di kantornya, Senin (25/7).

 

Hal senada juga diutarakan juru bicara KPK Johan Budi. Menurut dia, tim yang terdiri dari pengawas internal dan sejumlah pimpinan KPK ini masih memverifikasi informasi yang disampaikan Nazaruddin. Ia mengatakan, jika dari hasil penelusuran informasi mengerucut kepada nama-nama yang disebut Nazaruddin, tim internal bisa memeriksa nama-nama yang disebut Nazaruddin.

 

"Tim dibentuk untuk verifikasi informasi yang disampaikan Nazaruddin. Kalau dari penelusuran itu mengharuskan diproses nama-nama yang disebut itu akan kita lakukan, tapi hingga kini saya belum tahu hasil tim," ujarnya seusai mengikuti seleksi calon pimpinan KPK periode 2011-2015.

 

Deputi Penindakan KPK Ade Rahardja menilai 'nyanyian' tersangka M Nazaruddin yang menyeret namanya merupakan pembelaan diri dari mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu sendiri. Ia membantah seluruh tudingan Nazaruddin yang diarahkan kepadanya. 

 

“Itu indikasi pembelaan diri, indikasi mengganggu penyidikan biar di dalam (lingkungan KPK) sedikit goyah atau terganggu," ujar Ade usai mengikuti seleksi makalah calon pimpinan KPK periode 2011-2015. Sedangkan Wakil Ketua KPK Chandra M Hamzah yang namanya turut disebut oleh Nazaruddin enggan mengomentari hal tersebut. "Saya no comment," katanya.

Tags: