Teluk Jakarta Layak Jadi Cagar Alam
Aktual

Teluk Jakarta Layak Jadi Cagar Alam

Oleh:
Inu
Bacaan 2 Menit
Teluk Jakarta Layak Jadi Cagar Alam
Hukumonline

Pemerintah diminta menetapkan Teluk Jakarta dan Selat Sunda sebagai cagar alam. Pasalnya, kedua kawasan menjadi habitat penting burung laut Cikalang Christmas. Tapi, kedua kawasan tersebut kini tercemar, menjadi tempat perburuan, dan dipenuhi perangkap ikan nelayan yang membahayakan populasi salah satu spesies langka dunia ini.

 

Mengetahui risiko kepunahan dan bagaimana menyelamatkan salah satu burung langka ini termasuk dalam kegiatan ‘Survei Burung Laut Indonesia’ oleh LSM Burung Laut Indonesia mulai Juli 2011 – Juli 2012. Tim akan memantau kehadiran spesies ini, mendata dan menilai ancaman, serta langkah untuk melindungi Burung Cikalang Christmas. “Partisipasi masyarakat diperlukan untuk melindungi salah satu burung laut langka ini,” terang Fransisca Noni salah satu anggota survei seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (9/8).

 

Tim akan menggandeng warga lokal, nelayan, pemilik perangkap ikan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), manajemen pelabuhan dan operator kapal. Tujuannya, untuk menggambarkan rincian ancaman terhadap burung-burung di Teluk Jakarta. Serta berkolaborasi dengan pihak yang lain untuk membantu dan belajar tentang konservasi burung laut.

 

Cikalang Christmas tergolong burung laut dengan warna bulu hitam, bentuk besar, dan ekor bercabang panjang. Data LSM ini, hanya sekira 3.000-4.000 ekor yang masih hidup di dunia. Burung ini berkembang biak di Pulau Christmas (Australia) tampaknya lebih suka mencari makanan di perairan Indonesia, khususnya kedua tempat dan kerap berkumpul di sekitar Pulau Rambut, kurang lebih empat kilometer lepas pantai dari Jakarta.

 

Tags: