Reshuffle Abaikan Parameter Lingkungan Hidup
Aktual

Reshuffle Abaikan Parameter Lingkungan Hidup

Oleh:
Inu
Bacaan 2 Menit
Reshuffle Abaikan Parameter Lingkungan Hidup
Hukumonline

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tak menggunakan parameter isu lingkungan dalam merombak kabinetnya. Karena itu, diyakini pergantian menteri tak akan berdampak pada perbaikan maupun penuntasan kejahatan lingkungan hidup.

 

Padahal, sejumlah kebijakan menteri berdampak pada memburuknya lingkungan hidup. “Hal ini tidak digunakan Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) atau dari Presiden sendiri untuk melihat dan mempertimbangkan berbagai kasus lingkungan," kata Berry Nahdian Furqon, Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Jumat (14/10/2011), di Jakarta.

 

Walhi menilai, anggapan banyak pihak bahwa Presiden SBY sebagai pemimpin negara yang peduli lingkungan, hanya melihat secara spasial. Kebijakan pro lingkungan yang dihasilkan SBY tidak dibarengi dengan koreksi atau evaluasi kebijakan lain. Bahkan, beberapa diantaranya saling bertabrakan dengan kebijakan pro lingkungan.

 

"Seperti kebijakan rencana penurunan emisi gas rumah kaca 26 persen, kebijakan sektor pertambangan dan perkebunan tidak ada yang dievaluasi,” lanjutnya.

Tags: