Hakim ‘Cabul’ Balas Menggugat
Jeda

Hakim ‘Cabul’ Balas Menggugat

Tak mau diminta mundur dari jabatan sebagai hakim.

Oleh:
Ali
Bacaan 2 Menit
Hakim ‘Cabul’ Balas Menggugat
Hukumonline

Seorang hakim di Pengadilan Franklin County, Ohio, Amerika Serikat, Harland Hale menggugat dua wanita, dan pengacaranya, yang telah menuduhnya telah melakukan pelecehan seksual. Dua wanita itu adalah Brenda Williams dan Lynn Hamilton, serta pengacaranya Michael G Moore. Gugatan yang didaftarkan pada Jumat ini berisi tuduhan pencemaran nama baik dan pelanggaran kesepakatan oleh Brenda dan Moore.

 

Gugatan ini merupakan rangkaian upaya hukum yang dilakukan oleh kedua belah pihak dalam kasus pelecehan seksual yang dituduhkan Brenda. Hale dituduh melakukan pelecehan seksual kepada Brenda ketika ia bekerja sebagai penerjemah bahasa Spanyol di Pengadilan Franklin County. Brenda dipecat pada November 2010 lalu.

 

Dalam gugatannya, Hale meminta ganti rugi lebih dari $25,000. Ia mengatakan Brenda telah melanggar kesepakatan yang telah dibuatnya dengan membongkar kasus ini ke publik. “Ada kesepakatan yang dilanggar yang menyatakan ‘kita akan menjaga ini agar tetap rahasia’ dan ada upaya untuk mengintimidasi pejabat publik (profesi Hale sebagai hakim),” ujar pengacara Hale, Rick Brunner sebagaimana dikutip dari The Columbus Dispatch, Kamis (3/11). 

 

Gugatan ini juga ditujukan kepada Lynn, wanita yang lain. Moore mengatakan memang ada kesepatan bahwa Lynn setuju akan tetap menjaga kisah pelecehan seksual ini bila Hale turun dari jabatannya sebagai seorang hakim. Sayangnya, si hakim tak mau juga turun dari jabatannya. 

 

“Ketika Lynn meminta Hale untuk melakukan suatu hal yang benar dengan turun dari jabatannya, Hale malah membalasnya dengan mendaftarkan gugatan yang tak berdasarkan. Hale jelas-jelas ingin menghancurkan Lynn sebagai person dan saksi, dan ini tak bisa dimaafkan,” ujar Moore.

 

Moore menceritakan kepada The Dispatch, Lynn menulis bahwa setelah bertemu dengan Hale di Pengadilan pada Juni, Hale lalu menjemputnya pada malam hari. Dia membawa Lynn ke bar. Pada malam itu, Hale mencoba untuk menciumnya dan mengantarnya pulang setelah meraba-raba bagian tubuhnya. Lalu, Hale kembali ke rumah Lynn secara tiba-tiba dan tidur di ranjang wanita itu.

 

“Saya tidak ingin membuat dia marah kepada saya dengan mengusirnya, karena saat itu, saya berpikir dia adalah hakim yang akan mendengarkan kasus saya,” tulis Lynn.

Tags: