Marcell Siahaan:
Dari Musisi Menjejaki Profesi Advokat
Profil

Marcell Siahaan:
Dari Musisi Menjejaki Profesi Advokat

Lulus ujian advokat 2011. Terinspirasi dengan profesi yang digeluti sang ayah.

Oleh:
IHW
Bacaan 2 Menit
Foto: pribadi
Foto: pribadi

Kamis pagi (22/12), ketika bangun dari tidur ia mendapati telepon genggamnya kebanjiran pesan pendek yang berisi ucapan selamat dari keluarga dan teman-temannya. Ucapan bernada sama juga menjejali timeline akun twitter-nya. Masih tak percaya, ia segera berselancar ke dunia maya mencari sumber yang menyebabkan pagi itu ia dihujani ucapan selamat sekaligus doa dan harapan.

Akhirnya, ia menemukan namanya terpampang di sebuah laman. “Marcellius K H Siahaan”. Ia dinyatakan lulus ujian advokat 2011 yang diselenggarakan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI). Berdasarkan abjad nama, Marcell bertengger di nomor urut 837 dari 1449 peserta ujian di Jakarta yang dinyatakan lulus.

Setelah dinyatakan lulus, pemilik nama lengkap Marcellius Kirana Hamonangan Siahaan ini kian percaya diri menatap profesi baru sebagai advokat nanti. Maklum, dunia yang digeluti sebelumnya adalah dunia hiburan. Ia adalah musisi, penyanyi sekaligus aktor.

Marcell makin percaya diri menatap profesi advokat karena ia bisa melewati ujian advokat PERADI yang tak mudah dilalui oleh setiap pesertanya. Tak jarang para calon advokat harus mengulang ujian sekian kali karena ketatnya persyaratan kelulusan yang ditetapkan oleh PERADI.

Hebatnya, Marcell langsung lulus di kesempatan ujian pertamanya ini. “Ini pertama kalinya saya mengikuti ujian. Saya bersyukur langsung dinyatakan lulus. Adik kandung saya juga bareng lulus ujian nih,” kata Marcell kepada hukumonline, lewat telepon, Selasa (22/12).

Bisa lulus ujian advokat yang diselenggarakan PERADI ini adalah suatu kebanggaan bagi Marcel. Bagaimana tidak. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Parahyangan Bandung ini mengaku sudah lama sekali tak menyentuh buku teks hukum. Ia pun juga belum punya pengalaman bekerja di bidang hukum.

“Apalagi soal ujian kemarin menurut saya banyak pertanyaannya yang menjebak,” tutur penyanyi yang dikenal publik saat berduet dengan Shanty di lagu 'Hanya Memuji' pada 2002 silam ini.

Halaman Selanjutnya:
Tags: