Jumat, 03 February 2012

Pemerintah Fasilitasi UKM Kenal HKI

ant


 


Kementerian Koperasi dan UKM memfasilitasi pelaku koperasi dan UMKM untuk memanfaatkan sistem Hak Kekayaan Atas Intelektual (HKI) bidang merek dagang, paten, dan desain produk.




“Kami berupaya selalu memberikan pemahaman dan wawasan kepada KUMKM tentang pentingnya penerapan HKI untuk melindungi dan meningkatkan daya saing produk,” kata Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Choirul Djamhari, di Jakarta, Jumat (3/2).




Pihaknya juga akan memfasilitas KUMKM untuk mendapatkan sertifikasi HKI bidang merek dagang, paten, dan desain produk. Menurut dia, hal itu akan bermanfaat bagi pelaku KUMKM, terutama untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam mempromosikan produk-produknya.




“Ini juga sekaligus akan mendorong mereka untuk terus meningkatkan kualitas sehingga daya saing mereka semakin terdongkrak,” katanya.




Pemanfaatan HKI, kata Choirul, juga akan melindungi produk pelaku KUMKM secara hukum. Selain itu juga akan meningkatkan akses pasar dan nilai tambah produk. Pihaknya akan melakukan sosialisasi, bimbingan, pendampingan, dan pendaftaran HKI bidang merek, paten, dan desain produk.




“Kami juga akan terus bersinergi dan berkoordinasi dengan pihak terkait meliputi dinas yang membidangi koperasi dan UKM di daerah, Ditjen HKI, praktisi HKI, dan perguruan tinggi.” katanya.




Bimbingan dan konsultasi pemanfaatan sistem HKI juga akan terus dilakukan. Disamping itu, dalam waktu dekat pihaknya akan memfasilitasi sertifikasi merek dagang produk KUMKM.

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua