Setelah BBM, TDL Naik Bertahap
Berita

Setelah BBM, TDL Naik Bertahap

Kenaikan TDL dan BBM secara bersamaan akan memicu inflasi serta keresahan sosial.

Oleh:
FNH
Bacaan 2 Menit
Kenaikan TDL dan BBM secara bersamaan akan picu inflasi serta keresahan sosial. Foto: SGP
Kenaikan TDL dan BBM secara bersamaan akan picu inflasi serta keresahan sosial. Foto: SGP

Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) siap diterapkan. Namun, rencana menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) belum dapat diputuskan.


Meskipun kenaikan TDL termasuk salah satu kebijakan pemerintah  menekan  subsidi seperti amanat UU No 22 Tahun 2012 tentang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2012. Pemerintah lebih memilih untuk menunda kenaikan TDL dan menaikkan secara bertahap.


“Kenaikan BBM itu memberatkan, jangan sudah berat ditimpa lagi bersamaan," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan Jakarta, Jumat (2/3).


"Kami rasa masih bisa ditahan sedikit, geser bulannya. Nanti kita lihat perkembangannya, kami usahakan tidak berbarengan," sambungnya.


Kenaikan harga BBM dan TDL yang secara bersamaan diduga akan memicu inflasi dan keresahan sosial. Untuk menghindari hal itu, akhirnya pemerintah memilih untuk menunda kenaikan TDL. Meski begitu, Jero belum bisa menjelaskan kapan tepatnya kenaikan TDL akan dilaksanakan.


“Semua tergantung kepada pembahasan APBNP nanti. Jadi tidak bisa saya jawab sekarang,” lanjut Jero.


Ia menjelaskan, kenaikan TDL sebesar 10 persen akan dilakukan secara bertahap tiga kali sepanjang 2012. "TDL itu kita usulkan bertahap agar tidak memberatkan masyarakat. Tergantung nanti DPR-nya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags: