MA Resmi Miliki Dua Ketua Muda Baru
Berita

MA Resmi Miliki Dua Ketua Muda Baru

Timur P Manurung siap jalankan kebijakan MA.

Oleh:
ASh
Bacaan 2 Menit
Ketua MA M Hatta Ali lantik dua ketua muda baru. Foto: Sgp
Ketua MA M Hatta Ali lantik dua ketua muda baru. Foto: Sgp

Mahkamah Agung (MA) secara resmi telah memiliki ketua muda baru seiring dilantiknya Timur P Manurung sebagai Ketua Muda Pengawasan (Tuadawas) dan Suwardi sebagai Ketua Muda Perdata MA. Pengangkatan keduanya sebagai ketua muda dikukuhkan lewat Surat Keputusan Presiden No. 51/P Tahun 2012 tanggal 11 Mei 2012.

Keduanya, resmi dilantik oleh Ketua MA M Hatta Ali di hadapan seluruh pimpinan MA dan para hakim agung. Acara pelantikan ini juga dihadiri beberapa pimpinan dari sejumlah lembaga negara. Diantaranya, Wakil Ketua KY Imam Anshori Saleh dan Wakil Jaksa Agung Darmono.

“Saya melantik Timur P Manurung sebagai Ketua Muda Pengawasan dan Suwardi sebagai Ketua Muda Perdata. Semoga Tuhan melimpahkan rahmat dan karunianya kepada mereka dalam mengemban jabatan barunya,” kata M. Hatta Ali saat mengangkat sumpah jabatan di ruang Kusumah Atmadja Gedung MA, Rabu (30/5).         

Sebelumnya, jabatan Tuadawas MA dalam dua bulan terakhir ini kosong sejak Tuadawas sebelumnya M Hatta Ali terpilih dan dilantik sebagai Ketua MA pada 1 Maret 2012 lalu. Sementara jabatan Tuada Perdata ditinggal pejabat sebelumnya Atja Sondjaja karena telah memasuki masa pensiun pada Maret 2012 lalu.

“Tentunya, sejak saya terpilih menjadi Tuadawas, kita tentunya akan mendukung tugas-tugas MA secara keseluruhan demi menwujudkan badan peradilan yang agung. Kita kan hanya bagian kecil dari tugas-tugas MA,” kata Timur usai acara  pelantikan.

Nama Timur ini sempat mencuat saat Komisi Penyelidik Pelanggaran (KPP) HAM memanggil para perwira TNI terkait kasus Trisakti dan Semanggi I-II pada 1998. Saat menjabat Kepala Badan Pembinaan Hukum (Kababinkum) TNI, Timur menolak tegas panggilan KPP HAM pada Februari 2002.

Awal kariernya sebagai hakim diawali pada Oktober 1999 saat pria yang terakhir berpangkat mayor jenderal ini diangkat menjadi hakim militer utama. Usai berkarier di militer, Timur Manurung lalu terpilih menjadi hakim agung militer pada 2003 silam.  

Halaman Selanjutnya:
Tags: