Auditor Dilibatkan Hitung Kerugian Hambalang
Berita

Auditor Dilibatkan Hitung Kerugian Hambalang

Gerak cepat KPK tangani Hambalang.

Oleh:
fat
Bacaan 2 Menit
Proyek pengadaan sarana dan prasarana olahraga di Hambalang, Jawa Barat yang sarat dugaan korupsi. Foto: Sgp
Proyek pengadaan sarana dan prasarana olahraga di Hambalang, Jawa Barat yang sarat dugaan korupsi. Foto: Sgp

Kerja cepat dilakukan KPK menyidik dugaan korupsi pengadaan sarana dan prasarana olahraga di Hambalang, Jawa Barat. Salah satu yang dilakukan KPK adalah melibatkan auditor negara untuk menghitung kerugian negara dalam proyek yang menelan uang negara sebesar Rp2,5 triliun itu.


Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan, dalam penghitungan kerugian negara di proyek Hambalang ini, komisi menggandeng lembaga auditor. Yakni, antara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atau Badan Pengawasan dan Keuangan Pembangunan (BPKP).


Johan menjelaskan, kerugian negara dalam proyek tersebut sudah ditemukan lembaganya. Tapi untuk angka pastinya, masih dihitung KPK. “Kerugian negara sudah ditemukan, tapi sedang dihitung jumlahnya. Akan dilibatkan auditor negara bisa BPK atau BPKP untuk membantu menghitung,” kata Johan di kantornya, Jumat (20/7).


Lebih jauh, Johan mengatakan, pengembangan penyidikan lembaganya terkait kasus ini juga dilakukan dengan cara menggeledah tempat tertentu. Sebelumnya, tim KPK telah menggeledah di tujuh lokasi. Ketujuh lokasi tersebut adalah, Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Senayan dan sebuah gudang Kemenpora di daerah Cibubur.


Selain itu, kantor cabang PT Adhi Karya Tbk di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan turut digeledah lembaga antikorupsi tersebut. Begitu juga dengan kantor cabang PT Wijaya Karya yang terletak di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Bahkan, kantor cabang Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta Timur turut digeledah KPK.


Dari penggeledahan secara serempak di tujuh lokasi ini, lanjut Johan, lembaganya telah menyita sejumlah dokumen. Menurutnya, dokumen terbanyak diperoleh dari kantor Kemenpora. Sayangnya, Johan belum bisa menjelaskan dokumen-dokumen yang disita berisi tentang apa. “Sedang kita dalami,” katanya.


Penggeledahan di kantor Adhi Karya kembali dilakukan KPK pada hari ini. Menurut Johan, kantor Adhi Karya yang digeledah hari ini merupakan kantor pusat, sedangkan yang digeledah KPK kemarin, adalah kantor cabang Adhi Karya. Ia berharap, dalam penggeledahan ini, lembaganya kembali memperoleh petunjuk untuk menuntaskan kasus ini.

Tags: