Begini Cara Amerika Serikat Memilih Hakim
Berita

Begini Cara Amerika Serikat Memilih Hakim

Hakim yang dipilih rakyat bisa lebih mengedepankan rasa keadilan di masyarakat.

Oleh:
Ali
Bacaan 2 Menit
Begini Cara Amerika Serikat Memilih Hakim
Hukumonline

Pemilihan umum (pemilu) Amerika Serikat akan segera berakhir. Bila saat ini Barack Obama dan Mitt Romney (dua capres terkuat) sedang gelisah menunggu hasil akhir, begitu juga beberapa hakim di tingkat lokal yang sedang ‘bertarung’ memperebutkan suara rakyat. 

Dalam pemilu, rakyat AS di beberapa negara bagian –salah satunya Negara Bagian Washington State- tak hanya memilih presiden, mereka juga memilih hakim secara langsung. Saat ini, ada tiga posisi hakim di Supreme Court of Washington State yang sedang ‘diperebutkan’ dalam pemilu.

“Ya, di sini hakim juga dipilih secara langsung,” ujar pengajar Pengantar Ilmu Hukum di Everett Community College, Gary Newlin kepada hukumonline, di Everett, Washington State, Kamis (1/11). 

Gary, yang juga berprofesi sebagai pengacara, menjelaskan setiap negara bagian memiliki cara yang berbeda untuk memilih para hakim untuk pengadilan lokalnya. Ia mencatat setidaknya ada tiga cara untuk memilih hakim di pengadilan negara bagian.

Pertama, melalui pemilihan langsung oleh rakyat melalui pemilu. Kedua, hakim ditunjuk oleh Gubernur Negara Bagian atau Parlemen lokal. Ketiga, ada sebuah komisi yang berisi ahli hukum yang merekomendasikan beberapa hakim untuk dipilih oleh gubernur atau parlemen.

“Hakim di Pengadilan Federal sistemnya dengan ditunjuk, sedangkan hakim di Pengadilan Negara Bagian sistemnya dengan tiga cara tersebut,” jelasnya.

Sistem Peradilan di AS

Tingkat

Pengadilan Federal

Pengadilan Negara Bagian

Tingkat Pertama

US District Courts

Trial Courts

Banding

US Court of Appeals

Court of Appeals

Kasasi

US Supreme Court

Supreme Courts

Tags: