Kompolnas Sesalkan Tindakan Eks Penyidik KPK
Berita

Kompolnas Sesalkan Tindakan Eks Penyidik KPK

Kapolri juga menyesalkan tindakan anak buahnya.

Oleh:
ANT/INU
Bacaan 2 Menit
Foto: Sgp
Foto: Sgp

Komisi Kepolisian Nasional menyesalkan tindakan mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisaris Polisi Hendy Kurniawan, yang mengungkapkan kejanggalan mekanisme hukum saat dia bertugas di komisi.

"Tidak etis, tidak menunjukkan sikap dan mental perwira yang dapat dipercaya. Dan hal itu dikhawatirkan dapat menimbulkan spekulasi mengenai hubungan tidak harmonis antara sesama lembaga penegak hukum," kata komisioner Kompolnas M. Nasser di Jakarta, Kamis (29/11).

Menurut Nasser, pernyataan Hendy juga dapat menjadi "bumerang" bagi Kepolisian dan malah merusak citra Korps Bahayangkara karena dapat menimbulkan spekulasi ketidakharmonisan antara Polri dan KPK.

"Tidak dapat dipungkiri hal itu dapat menimbulkan dugaan maksud-maksud tertentu dari Kepolisian yang kita tidak tahu. Jika kemudian banyak orang menuding maksudnya adalah penyerangan, itu masuk di akal," kata dia.

Selain itu, kata Nasser, pernyataan Hendy juga dapat menganggu langkah penguatan dan sinergi ketiga institusi penegak hukum yakni KPK, Polri dan Kejaksaan Agung.

Presiden, lanjutnya, pada 8 Oktober sudah pernah menginstruksikan kepada KPK dan Polri untuk saling mendukung. “Dikhawatirkan akibat pernyataan mantan penyidik timbul spekulasi di masyarakat bahwa ada pelanggaran terhadap instruksi Presiden," ujar dia.

Menurut Nasser, jika memang terdapat asumsi pribadi dari penyidik mengenai mekanisme hukum di KPK yang salah,maka sebaiknya langsung disampaikan kepada pimpinan KPK.

Tags: