Bohong Saat Ujian, Izin Advokat Dibatalkan
Jeda

Bohong Saat Ujian, Izin Advokat Dibatalkan

Terungkap dua tahun setelah ujian dilaksanakan.

Oleh:
RZK
Bacaan 2 Menit
Bohong Saat Ujian, Izin Advokat Dibatalkan
Hukumonline

Berpraktik sebagai advokat sepertinya menjadi ambisi terbesar dalam hidup Leah Harmuth. Untuk mewujudkan ambisi itu, Leah bahkan rela ‘menghalalkan’ segala cara, termasuk berbohong. Naas, aksi Leah ketahuan sehingga kartu izin advokatnya pun dibatalkan oleh State Bar of California, organisasi advokat negara bagian California.

Diterangkan dalam laman pribadinya, Leah adalah seorang Summer Associates pada Morrison and Foerster. Lulusan Hastings College Law of the School ini menyebut dirinya sebagai konsultan khusus untuk para seniman.

Dilansir laman www.americanlawyer.com, sekira Juli 2009, Leah mengikuti ujian advokat. di tengah-tengah ujian, Leah meminta tambahan waktu pengerjaan soal, dan dikabulkan. Tidak hanya itu, dengan alasan menderita cacat –State Bar of California merahasiakan jenis cacat yang diderita Leah- Leah juga meminta disediakan ruangan khusus semi-privat. Sekali lagi, permintaan Leah dikabulkan.

Soal cacat yang dideritanya, Leah sudah mencantumkan keterangan itu pada formulir pendaftaran ujian yang diajukan bulan Maret 2009. Di formulir itu, Leah mengaku sudah biasa mendapat fasilitas khusus orang cacat sejak dia kuliah program diploma di University of Pennsylvania.

Belakangan, baru terungkap ‘belangnya’ Leah. State Bar of California baru mengetahui bahwa Leah berbohong setelah diberi informasi oleh New York State Board of Law Examiners. Panitia ujian advokat New York itu menginformasikan bahwa Leah juga meminta fasilitas ujian yang sama, sekira Agustus 2011 atau dua tahun setelah Leah mengikuti ujian di California.

Kali ini, permintaan Leah ditolak karena setelah diselisik alasan cacat Leah bohong belaka. Tidak hanya ditolak, Leah juga didiskualifikasi sehingga tidak bisa mengikuti ujian. Derita Leah bertambah, karena dia tidak diperbolehkan mendaftar ujian selama dua tahun.  

Informasi dari New York State Board of Law Examiners ditindaklanjuti oleh State Bar of California. Setelah melakukan proses penyelidikan selama kurang lebih setahun, State Bar of California akhirnya mengeluarkan rekomendasi agar izin advokat Leah untuk wilayah hukum California dibatalkan.

Tags: