KPK Akan Kedatangan Penyidik Baru Didikan FBI
Aktual

KPK Akan Kedatangan Penyidik Baru Didikan FBI

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
KPK Akan Kedatangan Penyidik Baru Didikan FBI
Hukumonline

KPK akan mendapat tambahan 26 orang penyidik baru yang akan bertugas pada Januari 2013 setelah melalui penyaringan internal.

"Januari nanti kpk akan tambahan penyidik baru dari internal, 26 orang," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP di Gedung KPK di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa 26 orang penyidik baru tersebut pada Januari nanti akan menjalani praktek kerja lapangan dan ikut menyidik kasus-kasus korupsi yang sedang ditangani KPK.

"Semacam tandem dulu (bersama penyidik lain)," ujar Johan.

Beberapa waktu lalu dalam sebuah konferensi pers pada 15 Oktober 2012 Johan Budi juga sempat mengabarkan bahwa proses rekrutmen penyidik internal KPK sudah meloloskan 30 orang dari 65 orang calon.

Maka ada pengurangan jumlah penyidik internal baru dari 30 menjadi 26 orang saja.

Johan juga sempat mengatakan bahwa penyidik baru tersebut mulai mengikuti pelatihan selama tiga bulan sejak Oktober di beberapa tempat salah satunya tempat pelatihan diklat Mahkamah Agung.

Johan menyatakan bahwa kapasitas hasil rekrutmen penyidik internal KPK tersebut tidak meragukan dengan pengalaman yang cukup.

Beberapa penyidik baru tersebut ada yang pernah mengikuti pelatihan dari Federal Bureau of Investigation (FBI) atau Biro Investigasi Federal Amerika Serikat di Australia, Korea Selatan dan Hong Kong.

Selain itu mereka juga telah mengikuti pengenalan teknologi peralatan mutakhir yang selama ini digunakan FBI.

Tags: