Ancaman Hukum Buat Penyelenggara Pesta
Jeda

Ancaman Hukum Buat Penyelenggara Pesta

Disamakan dengan bar, penyelenggara pesta dianggap memiliki social host liability.

Oleh:
RZK
Bacaan 2 Menit
Ancaman Hukum Buat Penyelenggara Pesta
Hukumonline

Momen spesial seperti pergantian tahun kemarin biasanya dilalui dengan berpesta. Dan yang namanya pesta, pasti ada pihak penyelenggaranya. Lazimnya, tugas penyelenggara pesta adalah memastikan pesta berjalan baik yang salah satu ukurannya, kepuasan para tamu. Di Amerika Serikat, tugas penyelenggara pesta ternyata tidak hanya itu.

Hukum di sejumlah negara bagian Amerika Serikat, kurang lebih 33 negara bagian, mengatur apa yang disebut “social host liabilty” atau pertanggungjawaban tuan rumah. Menurut aturan itu, penyelenggara atau tuan rumah pesta dapat dimintakan pertanggungjawabannya secara hukum atas perbuatan tamu-tamu yang mereka undang. Perbuatan tersebut terkait dengan konsumsi minuman-minuman beralkohol. Tuan rumah atau penyelenggara pesta disetarakan dengan bar-bar yang biasa memperjual-belikan minuman beralkohol.

Dengan dalih social host liability, seorang tamu bisa menggugat tuan rumah atau penyelenggara pesta jika dia ditangkap polisi karena menyetir dalam keadaan mabuk sepulang pesta. Itu baru satu situasi yang dapat dijadikan dasar untuk menggugat tuan rumah atau penyelenggara pesta.

Situasi lainnya, tuan rumah atau penyelenggara pesta juga bisa digugat jika tamu mengalami kecelakaan sepulang pesta. Hak menggugat ini bisa beralih ke anggota keluarga atau kerabat, apabila tamu yang mengalami kecelakaan itu meninggal dunia.

Tidak hanya perdata, tuan rumah atau penyelenggara pesta juga dapat dimintakan pertanggungjawab hukum pidana. Ancaman hukumannya di masing-masing negara bagian bervariasi. Negara bagian Alabama misalnya mulai dari di bawah satu tahun hingga 20 tahun penjara, tergantung tingkat kesalahannya.

Dalam beberapa kasus yang sampai ke pengadilan, putusan hakim cenderung menganggap tuan rumah atau penyelenggara pesta sebagai pihak yang “bertanggung jawab” atau setidaknya “turut serta bertanggung jawab”.

Seperti halnya pengendalian senjata api, pengendalian konsumsi minuman beralkohol memang selalu menjadi isu hangat di Negeri Paman Sam. Dalam rangka mengendalikan minuman beralkohol sebagian kalangan berpendapat tuan rumah atau penyelenggara pesta seharusnya dapat dihukum atau digugat jika sembarangan memberikan minuman beralkohol kepada tamunya.

Tags: