Markas Sejumlah Pansel Lembaga Baru
Edsus Akhir Tahun 2012:

Markas Sejumlah Pansel Lembaga Baru

Pernah pula menjadi tempat kejadian peristiwa tindak pidana korupsi.

Oleh:
FAT
Bacaan 2 Menit
Patung wajah dan badan Soepomo,Menteri Kehakiman Indonesia pertama jadi ciri Kantor Kemenkumham. Foto: Sgp
Patung wajah dan badan Soepomo,Menteri Kehakiman Indonesia pertama jadi ciri Kantor Kemenkumham. Foto: Sgp

Jalan H Rasuna Said di Jakarta Selatan, atau yang akrab di telinga orang, kawasan Kuningan, menjadi salah satu lokasi kepadatan lalu lintas ibu kota. Padat, karena kawasan, yang semasa penguasaan VOC dikenal dengan ‘Kampung Pulo’ itu, masuk dalam segitiga emas di kota Jakarta. Kawasan itu juga diburu untuk dibangun perkantoran dan hunian vertikal seperti apartemen.

‘Pulo’ berarti rawa. Begitulah kondisi kawasan ini sebelumnya. Perkembangan zaman mengubah kawasan rawa itu menjadi kawasan satu dari kawasan segitima emas Jakarta, kawasan favorit bagi usaha maupun perkantoran instansi pemerintah serta swasta.

Gedung-gedung tinggi bertebaran dengan beragam ketinggian serta kekhasan tertentu untuk membedakan. Satu dari sekian gedung tempat instansi pemerintah itu adalah Kementerian Hukum dan HAM.

Kantor Kemenkumham tentu punya ciri pembeda. Bukan desain gedung, namun pembeda utama adalah adanya satu patung setengah badan seorang tokoh nasional. Tokoh ini erat kaitannya dengan tugas kementerian itu ketika kali pertama dibentuk oleh Pemerintah Indonesia pasca Proklamasi 17 Agustus 1945 dideklarasikan Soekarno – Moh Hatta.

Patung itu adalah wajah dan badan Soepomo. Menteri Kehakiman Indonesia pertama.

Jika melintas di depan Kemenkumham dari arah Mampang menuju kawasan Menteng, tengokkan kepala Anda ke kiri, maka tampaklah patung Soepomo. Tepat di atas tulisan nama kantor Kemenkumham.

Tak hanya patung Soepomo saja yang ada di depan kantor kementerian itu. Nama almarhum juga dijadikan nama salah satu ruang di kantor itu, tepatnya sebuah ruang rapat di lantai tujuh. Tempat rapat menteri dengan para eselon ataupun digunakan untuk memberikan pernyataan pada media massa.

Selain Soepomo, nama sejumlah pemimpin kementerian ini juga diabadikan untuk beberapa ruang di gedung Kemekumham. Bahkan diabadikan untuk beberapa ruang di kantor direktorat jenderal maupun Unit Pelayanan Terpadu (UPT) di lingkup Kemenkumham.

Halaman Selanjutnya:
Tags: