Alumni Pengaruhi Minat Mahasiswa Masuk Lawfirm
Arsip:

Alumni Pengaruhi Minat Mahasiswa Masuk Lawfirm

DOLC FHUI 2013 masih didominasi lawfirm.

Oleh:
M-14/M-15
Bacaan 2 Menit
Dekan FHUI Sri Hayati Hoesein saat membuka secara resmi DOLC 2013. Foto: Sgp
Dekan FHUI Sri Hayati Hoesein saat membuka secara resmi DOLC 2013. Foto: Sgp

Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) kembali menggelar ajang tahun, Days of Law Career (DOLC). Mengangkat tema “Work on Your Chance, Achieve Your Success”, DOLC 2013 kembali menghadirkan partisipasi sejumlah kantor pengacara (lawfirm) ternama, lembaga negara bidang hukum, LSM, serta sejumlah perusahaan swasta.

Ketua Panitia DOLC 2013 Erick Andhikamenjelaskan DOLC adalah ajang yang dapat memfasilitasi mahasiswa maupun lulusan hukum untuk meraih kesempatan kerja sebanyak-banyaknya. Sesuai temanya, Erick berharap DOLC 2013 dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa dan lulusan hukum.

“Pesan saya, dicoba saja semua kesempatan yang ada di DOLC tahun ini, semakin banyak kita mengambil kesempatan, makin besar peluang kesuksesan yang bisa kita raih,” ujar Erick dalam acara pembukaan DOLC 2013, Senin (18/2).

Dia katakan, untuk DOLC 2013, panitia telah berupaya untuk mengakomodasi semua jenis profesi hukum. Namun, diakui Erick, upaya panitia untuk mengakomodasi semua jenis profesi hukum ternyata tidak mudah khususnya untuk profesi hukum di lingkungan birokrasi. Beberapa lembaga negara seperti KPK dan Kementerian Hukum dan HAM tidak bersedia berpartisipasi dengan alasan masing-masing.

“Tahun ini kita berusaha agar semua karier hukum terakomodasi, tapi susah untuk birokrasi, kemarin kita ke KPK tapi KPK bilang nggak bisa gabung karena nggak ada SDM, kita undang Kemenkumham tapi katanya nggak ada biaya, padahal tahun ini kita sediakan both gratis bagi instansi non profit,” kata Erick.

Meskipun panitia telah berniat dan berupaya mengakomodasi semua jenis profesi hukum, pada akhirnya seperti DOLC-DOLC sebelumnya, lawfirm masih mendominasi. Berdasarkan data dari panitia, jumlah lawfirm yang berpartisipasi mencapai 16 kantor. Coba bandingkan dengan profesi hukum sektor lainnya seperti lembaga negara (3), LSM (1), atau perusahaan swasta (1).

Dekan FHUI, Sri Hayati Hoesein mengatakan partisipasi lawfirm yang begitu dominan dalam DOLC adalah suatu hal wajar. Menurut dia, hal itu dapat terjadi karena lawfirm adalah lapangan pekerjaan yang bersifat praktis dan sesuai minat kebanyakan mahasiswa fakultas hukum.

Tags: