Rabu, 20 Pebruari 2013

Alumni Pengaruhi Minat Mahasiswa Masuk Lawfirm

DOLC FHUI 2013 masih didominasi lawfirm.
M-14/M-15
Dekan FHUI Sri Hayati Hoesein saat membuka secara resmi DOLC 2013. Foto: Sgp


Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) kembali menggelar ajang tahun, Days of Law Career (DOLC). Mengangkat tema “Work on Your Chance, Achieve Your Success”, DOLC 2013 kembali menghadirkan partisipasi sejumlah kantor pengacara (lawfirm) ternama, lembaga negara bidang hukum, LSM, serta sejumlah perusahaan swasta.


Ketua Panitia DOLC 2013 Erick Andhikamenjelaskan DOLC adalah ajang yang dapat memfasilitasi mahasiswa maupun lulusan hukum untuk meraih kesempatan kerja sebanyak-banyaknya. Sesuai temanya, Erick berharap DOLC 2013 dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa dan lulusan hukum.


“Pesan saya, dicoba saja semua kesempatan yang ada di DOLC tahun ini, semakin banyak kita mengambil kesempatan, makin besar peluang kesuksesan yang bisa kita raih,” ujar Erick dalam acara pembukaan DOLC 2013, Senin (18/2).


Dia katakan, untuk DOLC 2013, panitia telah berupaya untuk mengakomodasi semua jenis profesi hukum. Namun, diakui Erick, upaya panitia untuk mengakomodasi semua jenis profesi hukum ternyata tidak mudah khususnya untuk profesi hukum di lingkungan birokrasi. Beberapa lembaga negara seperti KPK dan Kementerian Hukum dan HAM tidak bersedia berpartisipasi dengan alasan masing-masing.


“Tahun ini kita berusaha agar semua karier hukum terakomodasi, tapi susah untuk birokrasi, kemarin kita ke KPK tapi KPK bilang nggak bisa gabung karena nggak ada SDM, kita undang Kemenkumham tapi katanya nggak ada biaya, padahal tahun ini kita sediakan both gratis bagi instansi non profit,” kata Erick.


Meskipun panitia telah berniat dan berupaya mengakomodasi semua jenis profesi hukum, pada akhirnya seperti DOLC-DOLC sebelumnya, lawfirm masih mendominasi. Berdasarkan data dari panitia, jumlah lawfirm yang berpartisipasi mencapai 16 kantor. Coba bandingkan dengan profesi hukum sektor lainnya seperti lembaga negara (3), LSM (1), atau perusahaan swasta (1).


Dekan FHUI, Sri Hayati Hoesein mengatakan partisipasi lawfirm yang begitu dominan dalam DOLC adalah suatu hal wajar. Menurut dia, hal itu dapat terjadi karena lawfirm adalah lapangan pekerjaan yang bersifat praktis dan sesuai minat kebanyakan mahasiswa fakultas hukum.

Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua