BSA Kampanye HKI Melalui Komik
Berita

BSA Kampanye HKI Melalui Komik

Delapan dari sepuluh program software yang digunakan di Indonesia pada tahun 2011 diyakini ilegal.

Oleh:
M-15
Bacaan 2 Menit
Co-author komik Beng Rahadian (kiri), Kepala Perwakilan BSA di Indonesia Zain Adnan (kanan). Foto: M-15
Co-author komik Beng Rahadian (kiri), Kepala Perwakilan BSA di Indonesia Zain Adnan (kanan). Foto: M-15

Berangkat dari keprihatinan terhadap kondisi perlindungan hak kekayaan intelektual (HKI) di Indonesia, Business Software Alliance (BSA) mencoba pendekatan yang agak berbeda. Selasa (5/3), BSA meluncurkan sebuah komik bertajuk “Software Berlisensi Bisnis Pasti”. Acara peluncuran bersamaan dengan perkenalan Zain Adnan sebagai Kepala Perwakilan BSA di Indonesia teranyar.

Melalui siaran pers, Senior Director Marketing APAC BSA, Roland Chan menjelaskan Zain Adnan ditunjuk sebagai Kepala Perwakilan BSA di Indonesia karena alumni program master University of New Hampshire School of Law itu dinilai memiliki pengetahuan, pengalaman, dan keahlian yang luas di ranah kekayaan intelektual.

“Saya yakin Zain akan memberikan kontribusi yang signifikan untuk BSA dalam mendorong pertumbuhan industri software lokal,” kata Roland optimis.

Sementara itu, Zain mengatakan masyarakat Indonesia masih perlu diedukasi tentang pentingnya menggunakan produk piranti lunak (software) asli. Komik “Software Berlisensi Bisnis Pasti”, menurut dia, adalah salah satu bentuk edukasi itu. Dia jelaskan, terbitnya komik “Software Berlisensi Bisnis Pasti” merupakan hasil kerjasama BSA dengan bidang industri kreatif di Indonesia.

“Dengan memajukan perlindungan hak cipta software, kita punya kesempatan bukan hanya untuk mendukung pertumbuhan software lokal, tapi juga mendukung investasi lokal dan mancanegara bagi inovasi TI, yang kemudian akan menumbuhkan kualitas penciptaan lapangan kerja,” tutur Zain.

Zain mengatakan komik ini menggunakan berbagai ilustrasi yang diharapkan dapat membantu publik untuk memahami HKI. Zain memaparkan fakta tentang tren pembajakan software bahwa delapan dari sepuluh program software yang digunakan di Indonesia pada tahun 2011 diyakini ilegal.

“Di samping memberikan edukasi, di dalam komik ini juga dipaparkan mengenai data-data pembajakan Indonesia, serta dampak yang terjadi jika menggunakan software bajakan,” ujar Zain.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait