Penyandang Disabilitas Bisa Terbang Tanpa Surat Pernyataan
Berita

Penyandang Disabilitas Bisa Terbang Tanpa Surat Pernyataan

Namun masih banyak aspek lain yang harus diperhatikan maskapai untuk tidak mendiskriminasikan penyandang disabilitas.

Oleh:
ADY
Bacaan 2 Menit
Penyandang Disabilitas Bisa Terbang Tanpa Surat Pernyataan
Hukumonline

Cucu Saidah untuk sementara boleh bernafas lega. Perempuan penyandang disabilitas ini tak perlu lagi mengisi surat pernyataan bermeterai yang disodorkan maskapai Garuda Indonesia jika ingin bepergian menggunakan pesawat.

Sebenarnya tak cuma Garuda yang menodongkan surat pernyataan. Hampir semua maskapai penerbangan di Indonesia melakukan hal serupa kepada para penyandang disabilitas. Isi surat pernyataan tersebut terkesan diskriminatif karena maskapai penerbangan melepaskan tanggung jawab bila terjadi sesuatu pada diri penyandang disabilitas.

Pihak Garuda Indonesia akhirnya mengubah kebijakan itu. Perusahaan pelat merah itu tak lagi meminta para penyandang disabilitas untuk meneken surat pernyataan. Perusahaan juga akan terus melakukan sosialisasi kebijakan baru ini ke seluruh pihak terkait. Diharapkan, seluruh staf Garuda Indonesia menjalankan kebijakan itu.

Selain itu, SOP yang ada sudah disesuaikan untuk memberi pelayanan yang ramah terhadap penyandang disabilitas.“Ini kesempatan kami untuk memaksimalkan pelayanan,” ujarVP Humas Garuda Indonesia, Pujobroto, dalam sebuah diskusi di kantor YLBHI, di Jakarta, Selasa (26/3). Dia menegaskan, perbaikan itu tak sekedar ‘kosmetik’, namun para pimpinan di maskapai milik BUMN tersebut serius melakukannya secara komprehensif.

Senada, VP Passanger Service Garuda Indonesia, Grace Purukan, berjanji akan terusmemberi pelayanan terbaik bagi penyandang disabilitas tanpa mengurangi standar keamanan yang wajib diterapkan dalam penyelenggaraan jasa penerbangan. Misalnya, ada staf khusus yang melakukan pendampingan untuk penumpang yang menyandang disabilitas.

Walau begitu, Grace mengaku menemui kendala, misalnya mencari cara bagaimana menampilkan video Safety Demo untuk penyandang disabilitas agar mampu dipahami oleh semua penyandang disabilitas. Pasalnya, setiap penyandang disabilitas memiliki kebutuhan khusus yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sampai saat ini Garuda Indonesia masih mencari cara bagaimana agar video yang berisi cara untuk melakukan penyelamatan diri dalam keadaan darurat itu mampu dimengerti oleh penyandang disabilitas.

Pada kesempatan yang sama, Cucu berharap pihak penyelenggara jasa penerbangan memberi akses yang setara untuk semua pihak. Termasuk dengan menyediakan fasilitas khusus untuk mendukung para penyandang disabilitas.

Tags: