MLFA:
‘Tim Pembela Muslim’ ala Amerika Serikat
Komunitas

MLFA:
‘Tim Pembela Muslim’ ala Amerika Serikat

Sejumlah ulama di Amerika Serikat mengeluarkan fatwa bahwa muslim bisa mengeluarkan zakat untuk kegiatan MLFA.

Oleh:
ALI
Bacaan 2 Menit
Direktur Eksekutif MLFA Khalil Meek. Foto: Ali
Direktur Eksekutif MLFA Khalil Meek. Foto: Ali

Sesosok pria tampil di atas podium di sebuah aula masjid di Washington State, Amerika Serikat. Dia meminta kepada para pengunjung untuk menyisihkan sebagian rezekinya. Ini merupakan acara pengumpulan dana. Uniknya, dana yang terkumpul bukan untuk memberi makan fakir miskin, tetapi digunakan untuk ‘membayar’ pengacara.

Pria yang tampil di podium tadi adalah Direktur Eksekutif Muslim Legal Fund of America (MLFA) Khalil Meek.

MLFA merupakan organisasi atau komunitas yang memberikan bantuan hukum kepada muslim di Amerika Serikat yang berurusan dengan pihak keamanan. Biasanya, mereka yang dituduh terlibat kasus terorisme.

Khalil menjelaskan organisasi yang dipimpinnya ini bukanlah lawfirm dan dirinya bukan seorang pengacara. “Kami hanya mengumpulkan uang dari muslim di seluruh Amerika Serikat. Dan menggunakan uang itu untuk meng-hire pengacara untuk mereka yang terkena kasus hukum,” jelasnya Januari 2013 lalu.

Umumnya, lanjut Khalil, tarif pegacara di Amerika Serikat adalah AS$300 hingga AS$500 per jam. “Bila sebuah kasus memakan waktu 1,5 tahun, maka Anda bisa menghitung berapa dana yang dibutuhkan,” ujarnya.

Khalil menjelaskan organisasi yang dipimpinnya ini ingin menyediakan pengacara yang handal di bidangnya. “Kalau kita tak mempunyai uang, memang kita bisa menggunakan pengacara publik. Tapi, bila Anda mempunyai kasus, apakah Anda mau didampingi public defense (pengacara publik, red) atau attorney (pengacara biasa, red)? Tentu Anda ingin didampingi attorney kan?” tegasnya.

Lebih lanjut, Khalil menjelaskan organisasi atau komunitas yang dipimpinnya ini mempelopori legal fund untuk para muslim di seluruh Amerika Serikat agar mendapat pendampingan hukum yang terbaik. “Bukan masalah dia nanti bersalah atau tidak, tapi yang penting kita sudah menyediakan pendampingan hukum terbaik,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags: