PNS Jadi Wamen, Pensiun Pada Usia 60 Tahun
Aktual

PNS Jadi Wamen, Pensiun Pada Usia 60 Tahun

Oleh:
INU
Bacaan 2 Menit
PNS Jadi Wamen, Pensiun Pada Usia 60 Tahun
Hukumonline

Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil (PNS) diperbarui pemerintah melalui PP No.32 Tahun 1979. PP ini adalah perubahan keempat PP No.32 Tahun 1979.

PP ini mengubah Pasal 3 PP 32 Tahun 1979 tentang batas usia pensiun dan perpanjangan. Perubahan itu tertuang dalam Pasal PP 19 Tahun 2013, batas usia pensiun dapat diperpanjang bagi PNS yang memangku jabatan tertentu. Demikian berita yand diunggah situs setkab.go.id, Rabu (10/4).

Jabatan Peneliti Madya dan Peneliti Utama yang ditugaskan secara penuh di bidang penelitian, hakim pada Mahkamah Pelayaran, atau jabatan lain yang ditentukan oleh Presiden maksimal pensiun 65 tahun.

PNS pensiun pada usia 60 tahun yang memangku jabatan struktural eselon I. Lalu jabatan struktural eselon II, kemudian dokter yang ditugaskan secara penuh pada unit pelayanan kesehatan negeri. Begitu pula untuk PNS Pengawal Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Pertama,  Sekolah Dasar,  Taman Kanak-Kanak atau jabatan lain yang sederajat, serta jabatan lain yang ditentukan oleh Presiden. PNS pensiun pada usia 58 tahun bila memangku jabatan lain yang ditentukan oleh Presiden.

Termuat dalam PP ini, perpanjangan batas usia pensiun sampai dengan 62 tahun bagi PNS yang memegang jabatan struktural Eselon I tertentu. Perpanjangan batas usia pensiun ditetapkan dengan Keputusan Presiden.

Mengenai pensiun PNS yang menjadi Wakil Menteri, yang semula menduduki jabatan struktural eselon I atau eselon II, batas usia mencapai 60 tahun. Sedangkan PNS yang semula menduduki jabatan fungsional tertentu yang diangkat sebagai wakil menteri, batas usia pensiunnya sesuai dengan batas usia pensiun pada jabatan fungsional terakhir sebelum diangkat sebagai wakil menteri.

Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan, yakni pada 14 Maret 2013 sebagaimana legalisasi dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin.

Tags:

Berita Terkait